Teknik memetik bass yang sering dipakai bassist

1. Tehknik fingering

termasuk tehknik klasik dengan jari tengah dan jari manis (tangan kanan)merapat fret board , dimana tangan kiri di gunakan di bagian atas neck atau posisi dekat tuning head dengan jari-jari tangan merenggang. Pada contoh sederhana tiap-tiap jari menempati satu kolom fret, jika telunjuk menempati fret-1, maka jari tengah menempati fret-2, jari manis menempati fret ke-3 , dan jari kelingking menempati fret ke-4.Pada tehknik ini tekanan yang kuat dibutuhkan untuk menghasilkan suara yang baik. Metode ‘open finger’ dimana jari tengah dan jari manis berjarak agak melebar mempermudah untuk memainkan memainkan lebih banyak nada. Cara ini di adopsi dari cara bermain guitar elektrik, yang di gunakan pada posisi di tengah- tengah finger board atau arah mendekati bridge.Melalui tehknik fingering ini bassists jadi tau jari mana yang harus digunakan pada saat memainkan suatu scale. Kadang bassists perlu juga memainkan not pada lebih dari satu nada, maka senar yang di bunyikan juga lebih dari dari satu. Pada situasi ini, tangan kiri menekan senar dengan cara seperti memainkan chord pada guitar. Dalam memainkan musik yang bercorak ‘ballad’ (berirama lambat) bass-line mengambil jarak interval lebih besar dengan karakter bunyi nada lebih penuh dan panjang (sustain).Register atas dapat di jangkau dengan menyandarkan lengan kiri keatas body. Pada posisi ini, jari kelingking menjadi tidak efektif, sehingga ibu jari di gunakan untuk menggantikan kelingking. Untuk mendapatkan nada pada posisi yang janggal ini membutuhkan ketrampilan yang tinggi serta kekuatan pada jari-jari tangan.

2. Picking

merupakan tehknik membunyikan senar dengan cara di petik atau di betot.Banyak orang menyebut cara ini sama halnya dengan memukul senar bass, karena kadang dilakukan dengan keras di mulai dari jarak yang cukup jauh.. Tehknik picking mempunyai 2 jenis tehknik yang berbeda yang pertama tehknik fingerpicking yang memetik senar dengan menggunakan jari tangan dan tehknik plecpicking yang menggunakan plectrum.

A.Tehknik fingerpicking

menggunakan jari jemari untuk memetik senar bass. Cara ini menghasilkan sound yang bulat dan padat, hal ini juga tidak banyak menghasilkan noise yang tidak diinginkan. Keuntungan lain dari tehknik ini adalah touch–nya lebih terasa karena jari tangan yang langsung menyentuh senar. Hal ini menyebabkan feel terhadap groove menjadi lebih peka. Dengan cara ini kita juga bisa memainkan kelima jari kita sekaligus. Tetapi cara ini juga mempunyai kekurangan. Salah satu kekuranggannya adalah dengan cara ini sulitnya memetik secara konstan.


B. Tehknik Plecpiking

menggunakan alat Bantu petik plectrum atau biasa di sebut pick. Banyak orang menganggap tehknik ini lebih baik di banding dengan tehknik Fingerpicking karena dengan tehknik ini suara yang di hasilkan akan lebih bright dan lebih nyaring. Suara yang di hasilkan akan terasa lebih nyaring di karenakan bahan plastik sintetis yang membentuk plectrum ini mempunyai kekerasan yang cukup, bahkan lebih keras dari kuku manusia.Memainkan bass dengan tehknik Plecpiking juga menguntungkan bagi pemain untuk dapat bermain lebih konstan. Petikan senar juga bisa kita lakukan dengan cepat, karena dengan menggunakan pick kita dapat memetik senar bass dengan 2 arah yaitu dari atas dan dari bawah (upstroke dan downstroke).Tetapi penggunaa pick dalam permainan bass juga ada kerugiaanya, salah satu kekurangan nya adalah kurang bulatnya suara yang di hasilkan. Suara yang di hasilkan akan sedikit kehilangan ketebalan dan kurangnya nada rendah yang di hasilkan. Kekurangan lain tehknik ini adalah si pemain tidak dapat membunyikan lebih dari satu senar secara bersamaan

Kedua tehknik itu kini populer dimainkan para bassists baik ketika mereka tampil secara live mau pun saat recording. Dan melihat kelebihan dan kekurangannya para pemain bass tinggal memilih mana tehknik yang ingin mereka gunakan.

0 komentar:

Posting Komentar


Sponsors

Name :
Web URL :
Message :

ARDIPIFA BLOG © 2008. Blog design by Randomness