Tips Belajar Bermain Melody

Ass buat semua pengunjung blog gw!! Sebelumnya saya sudah memberikan sedkit pendahuluan bagaimana cara membaca tablatur dan apa saja kelemahan dan kelebihannya, yang telah dijelaskan kelebihannya yaitu tablatur memiliki lambang-lambang teknik khusus seperti sudah saya jelaskan diatas. Saya bakalan sedikit bercerita bagaimana seh caranya menguasai melody, apa saja latihan-latihan yang diperlukan untuk menguasai melody dengan cepat? Saya akan menjawab semua pertanyaan diatas menurut pengalaman pribadi saya sendiri.
Okey…yang pertama “jelas donk kita harus memiliki sebuah gitar, kalau tidak punya yah kelaut ja deh”!!he7 just kidding kok. Gitar yang bisa digunakan yaitu boleh gitar listik atau gitar bolong, (tapi khusus melody lebih baik menggunakan electric guitar) sebab untuk bermain melody lebih mudah dengan menggunakan gitar tersebut.
Awal saya bermain gitar itu kelas 2 smp, yang mengajarkan yaitu kakak saya. Berawal bermain gitar saya hanya bisa genjrang-genjreng ja tuh. Karena keterbatasan ilmu yang dipunyai oleh kakak saya, saya cuman mendapat kunci-kunci dasar saja dari beliau. Selama tiga tahun kedepan saya belum berkembang 1 langkah pun, karena tidak adanya literatur dan instruktur yang mengajari saya. Pertama Ngejam saya di studio itu, pada saat saya beranjak sma, dengan diajak oleh teman. Dan akhirnya saya mulai agak sering latihan band distudio, tapi apa hasilnya? Tidak ada perubahan pada diri saya, skill saya tidak bertambah, wawasan musik saya pun segitu-gitu aja. Saya sempat berfikir, bagaimana caranya agar saya bisa menjadi seorang gitaris yang hebat?saya rasa anda juga pasti pernah merasakan hal seperti saya ini, yang kepengen menjadi seorang gitaris yang handal.
Setalah kelas 2 saya lebih aktif lagi ngeband. Saya punya teman yang mengajak saya untuk masuk kedalam anggota band dia, ternyata saya disuruh ngebass. Weleh-weleh ternyata posisi ini saya nikmati dengan santai, nah mulai dari sini permainan gitar saya mulai berkembang, kenapa bisa? Saya belajar dengan cara observatif, yaitu saya mengamat dan mentelaah cara bermain gitaris saya, lebih spesifiknya saya melihat style dan pengimprovisasian dia lebih mendalam, setelah itu saya praktikan dirumah hingga bisa seperti itu. Selain itu juga saya banyak belajar dari teman saya itu, dengan bertanya dan meminta dia mengajari saya, teknik-teknik yang dikuasainnya. Palm mute atau disebut deep saja saya belajar teknik itu dari dia. Jadi Intinya kalian harus banyak belajar dari orang-orang disekeliling kalian, karena masih banyak sekali orang-orang yang memiliki kemampuan jauh diatas kalian. Jadi jangan sombong dan puas akan sesuatu yang sudah didapat
Akhir kelas dua, band saya mulai diambang kehancuran karena 2 personil saya keluar karena ada masalah intern diantara kami. Tapi dari kejadian ini, akhirnya saya mendapatkan posisi gitaris. Kenaikan kelas 3 saya pindah sekolah, dan saya bertemu orang yang handal bermain gitar, dia teman sekelas. Waktu itu saya berfikir bahwa ini merupakan kesempatan yang baik, untuk dimanfaatkan. Akhirnya saya pun belajar dari dia, disini saya mulai mengenal lebih mendalam tentang melody, disini juga saya menganal apa itu Picking, Sweeping, tapping, natural harmonik, pinching harmonik. Ternyata teman saya sudah menguasai semua teknik ini. Yang lebih gila, pas di menunjukan permainanya, di melakukan sweeping dengan tempo yang sangat cepat dan bersih, dia juga bisa melakukan picking sambil sweeping dengan baik. Dari situ saya termotivasi dan antusias banget mau belajar dengan dia(thanks to Enozz). Akhirnya saya diajarkan teknik-teknik itu. Ternyata susah gila……., dengan diberikan contoh, saya mempraktikan kembali dirumah berulang-ulang sampai saya menguasai taknik itu. Duh capek……kayaknya terlalau berbelit-belit yah???yasudh saya langsung saja memberikan tips-tips belajar melody!
• Tips-tips mudah belajar melody
1) Yang pertama kalian harus belajar banyak dari orang lain yang kemampuannya diatas kalian, dengan cara observatif dan mempraktikannya dirumah dengan intensif.
2) Banyaklah sharing dengan orang-orang yang berwawasan luas tentang musik, dan minta tolong kepada dia supaya mau mengajarkannya kepada anda.
3) Untuk para otodidak banyaklah beli-beli buku tentang musik, kalau saya boleh saran beli buku yang mengulas tentang scale dan arpegio pelajarilah dengan dinamis, serta intensif sampai kamu benar-benar hafal dan menguasainya.
4) Kamu-kamu juga harus sering dengerin musik yang banyak instrumennya kayak Dream theater, Paul gilbert, Joe Satriani, Steve Vai. Kalau perlu ulik tuh lagu, itu juga melatih feeling kamu supaya kamu lebih bisa berimprovisasi dengan baik.
5) Latihan minimal 3-4 jam/hari, latih terus jari-jemari kamu hingga keempat jarimu harmonis.
6) Senam jari harus sering dilakukan, biar jari-jari kamu tidak kaku, lakukan setiap pagi selama 30 menit saja.
7) Yang paling penting kamu harus bisa menguasai picking dan sweeping, karena teknik ini merupakan yang paling penting dari suatu melody, kalau kamu sudah lancar kedua teknik ini, kesananya bakalan lebih gampang. Soalnya saya juga belum sepenuhnya menguasai, karena tidak ada waktu buat latihan seharian, coz saya orang sibuk, jadi ini bakalan sangat sulit sekali. Hohoho
8) Pilihlah pick yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, supaya picking yang kamu hasilkan bisa lebih bersih.
9) Kalau kamu merasa tidak bisa mengulik lagu-lagu yang saya berikan, atau kamu ingin mengetahui jalur pastinya. Kamu cari tablatur-tablaturnya banyak kok di internet, cari ja dengan menggunakan search engine google dan masukan keyword yang anda ingin cari. Saya juga sering banget cari, lumayan saya jadi gk usah pusing-pusing ngulik. Kalau kalian tidak tahu bagaimana cara bacanya dan masih bingung dengan simbol-simbol yang ada di tablatur, diatas saya sudah jelaskan bagaimana caranya, coba baca kembali ulasan diatas.
Coba anda bikin lagu sendiri dengan membuat instrumennya lebih berbobot, supaya daya improvisasi, feeling, dan inspirasi anda meningkat.
Tags: melody
Panduan Belajar Teori Gitar/Keyboard untuk Pemula
19:46 By: Revarius
Category Belajar Gitar

Hai Temanku sekalian, pada postingan kali ini revarius alias varius pengen membagikan sedikit pengetahuan di bidang musik nih, kan ada tuh pepatah yang bilang kalau kita punya ilmu maka amalkanlah ilmu itu agar bisa bermanfaat bagi sesama. setuju ga teman2?? :D sekarang aku mau membahas sedikit tentang musik nih lebih khususnya lagi buat yang mau belajar main gitar ataupun keyboard. Oke sekarang kita segera masuk yuk ke pelajaran pertama :p yaitu sekilas teori nada..

tentunya semua teman teman juga sudah pada paham dan tahu kalau nada itu hanya ada 7 yaitu do,re,mi,fa,sol,la,si.. sebelum mempelajari bermain alat musik ada baiknya memahami itu dulu sehingga saat bermain alat musik seperti gitar dan keyboard kita bisa mengaplikasikan nada tersebut ke dalam alat musik. nah yang berikut ini juga penting dipahami yaotu jarak antar nada yang bisa varius gambarkan seperti berikut

do re mi fa sol la si do'
1 2 3 4 5 6 7 8
W W H W W W H

maksudnya W adalah Whole step yang artinya jarak penuh bila kita aplikasikan pada gitar atau keyboard, dan H adalah jarak setengah..
tentu teman2 sering mendengar kan kalau dalam musik ada istilah major dan minor. diagram diatas adalah formula untuk major(perhatikan angka 1,2,3 dst dan WWHWWWH(ini adalah formulanya).
Gini contohnya nih...

misal kita ambil nada dasar pada kunci C maka diagramnya akan menjadi

1 2 3 4 5 6 7 8
C D E F G A B C
W W H W W W H

Maksudnya adalah jarak dari C ke D adalah 1 nada penuh, misal kita aplikasikan pada gitar artinya adalah jarak 2 fret dari nada dasar yang disini adalah C, dan contoh untuk H yaitu dari nada ke 3 menuju ke 4 yang ini adalah nada E ke F yaitu jaraknya adalah setengah nada yang pada gitar adalah jarak 1 fret.
harap dipahami, teori ini juga bisa diaplikasikan pada keyboard,bass,biola, dan semua alat musik melodi lainnya...

Contoh 2:
Misal kita ambil nada dasarnya A maka jadinya adalah seperti berikut

1 2 3 4 5 6 7 8
A B C# D E F# G# A
W W H W W W H

Jadi apapun nada dasarnya bentuk nada dari 1-7nya akan sesuai dengan formula WWHWWWH

nah dalam musik nada pembentuk accord major dasar adalah do,mi dan sol yaitu 1,3,5 nih contohnya pada gitar kita mainkan kunci C major: nada 1(do) pada kunci C di gitar ada pada senar 5 fret 3 nada 3(mi) pada kunci C ada pada senar 4 fret 2 dan nada 5(sol)
ada pada senar 2 fret 1, bila diaplikasikan ke kunci balok maka tetap saja yang dipakai adalah 1,3,5 walau jadinya seperti ini 1,5,3,1,5 tetap saja kan yang dipakai hanya nada do mi sol!... ini adalah dasar untuk membentuk accord pada gitar maupun keyboard

E-------------
B--------1----
G-------------
D-----2-------
A---3---------
E-------------

nntuk pembentuk nada minor formula 1,2,3 nya akan menjadi seperti ini

1 2 b3 4 5 b6 b7 8

contoh untuk nada dasar A tangga nada minornya adalah

1 2 b3 4 5 b6 b7 8
A B C D E F G A

tanda b pada angka 3,6 dan 7 artinya turunkan setengah nada tersebut...

contoh lain untuk nada dasar E minot

1 2 b3 4 5 b6 b7 8
E F# G A B C D E

jadi kesimpulannya jika ingin membuat tangga nada mayor ataupun accord mayor maka formulanya adalah 1,2,3,4,5,6,7,8 (WWHWWWH)
dan untuk minor adalah 1,2,b3,4,5b6,b7,8

Ok Sekian dulu yah....semoga bermanfaat sekilas teori ini...
selamat belajar dan berlatih...

nb: Jika kalian mau belajar bermain gitar ada baiknya kalian mengetahui dasar2 ini karena dengan memahami itu semua kalian tidak akan menjadi pemain gitar yang hanya bisa bermain dengan menggunakan buku (seperti buku buku kunci gitar untuk lagu) tetapi kalian akan mempunyai feeling sendiri....dan mampu berimprovisasi dan juga mampu membuat accord sendiri dengan menguasai teori2 tersebut... nanti saya sambung lagi dengan pelajaran berikutnya.... :D
Panduan Belajar Gitar Untuk Pemula - Membaca Tablatur
00:35 By: Revarius
Category Belajar Gitar, Tips Gitar


Ingin Menjadi Gitaris sehebat Paul Gilbert ataupun Steve Vai?? tentunya tidaklah mudah untuk menjadi seorang dewa gitar, terlebih lagi bila anda belum mempunyai basic dan dasar dasar permainan gitar. maka dari itu untuk kesempatan kali ini saya akan tuliskan beberapa panduan dasar dalam bermain gitar.

Semua pemula tentunya harus mempelajari dasar dasar gitar, mulai dari cara penyeteman yang benar, tehnik strumming, tehnik palm mute, hingga kepada tehnik tehnik advanced seperti arpeggio, tapping, sweeping hingga alternate picking.

Sebelum memulai panduan ini lebih jauh lagi disarankan agar anda belajar untuk membaca not balok atau minimal tabulasi (tablature) tablature ini berfungsi untuk membaca nada nada yang di tekan pada fret gitar.. seperti contohnya :



--------------E
--------------B
--------------G
--------------D
--------------A
--------------E

E yang paling atas berarti senar paling bawah pada gitar alias senar 1. dan B berarti senar 2, G berarti senar 3 dan seterusnya.. E,B,G,D,A,E adalah nada steman standard gitar dalam keadaan open fret..

Jika di tablatur ditulis seperti berikut ini :

--------9---E
------6-----B
----------10G
------------D
------------A
------------E

Ini berarti yang harus anda tekan terlebih dahulu adalah senar 2 fret 6, lalu senar 1 fret 9 kemudian senar 3 fret 10.

Biasanya dalam membaca tablatur ada beberapa simbol simbol seperti Ho,Po,T,~~dan juga PM, artinya adalah :

Ho : ini menandakan Hammer On. anda harus tekan nada pertama lalu langsung pindah ke nada berikutnya tanpa dipetik.. contohnya

----3--(Ho)5-------E

anda harus menekan senar 1 fret 3 terlebih dahulu kemudian langsung menekan fret 5 dengan jari lainnya tanpa memetik senar tersebut..

Po : ini artinya Pull Off. kebalikan dari hammer on, jadi anda harus memetik nada pertama lalu langsung pindah ke fret belakangnya(diangkat) tanpa memetik lagi..

PM : Ini artinya Palm Mute yaitu anda harus memainkan gitar anda tanpa bunyi penuh. yaitu dengan cara meredam suara gitar anda (umumnya senar senar bass) dengan Sisi Tangan Anda.. Perhatikan Gambar



T : Tapping.. anda melakukan tehnik ini tanpa memetik senar melainkan dengan menyentuh senar itu.. misalnya begini..

-----2---5----T11--E

Pertama anda menekan senar1 fret 2 kemudian fret 5 dengan jari yang lainnya kemudian tangan kanan anda di gunakan untuk menekan fret 11 tersebut.. Tapping memiliki banyak variasi.. jika anda bisa menggabungkannya dengan hammer on dan pull off..

~~ : Ini artinya adalah Vibrato atau getaran.. anda harus membuat suara senar seakan bergetar dengan menekan senar dengan kuat dan mengangkatnya sedikit lalu menurunkannya lagi berulang ulang..

Yah sekian dulu pelajaran membaca tablatur dari saya.. sampai jumpa pada edisi pelajaran gitar lainnya



Latihan Alternate Picking




tehnik alternate picking sangat penting bagi para gitaris dalam bermain dengan tempo yang cepat, dengan tehnik ini setiap not yang ada dibunyikan dengan picking yaitu up dan down stroke. untuk melatih tehnik ini diperlukan sinkron antara tangan kiri dan tangan kanan. tips dari saya untuk melatih tehnik ini adalah memulai latihan dengan tempo yang lambat dan usahakan hasilnya jelas dan setiap not berbunyi dengan jelas dan sama pada penekanannya.

berikut adalah contoh contoh latihan untuk alternate picking

Ex.1

--------------------------------------------------
--------------------------------------------------
----------------------12--------------------------
-------12---14---15--------15---14---12---------
---12-------------------------------------12------
---------------------------------------------------

Ex.2

-----------------13------------------------------13----------
--13---15---17----------15---17---13----15---17-----15--17
--------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------

Ex.3

-----------13----------------12----------------10-------------
--13-15-17----15-17-12-13-15----13-15-10-12-13----12-13---
---------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------

Ex.4


----------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------
-17-15-14----15-14-------15-----------------------------
----------17-------17-15-----17-15-14-------------------
----------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------

Jika anda merasa kesulitan untuk memainkan lick tersebut, bisa juga anda melatih alternate picking dengan menggunakan satu not saja, misalnya not E, tips melatihnya adalah dinamika dari cara anda memetik, lakukan dengan berbagai macam feel, misal dengan open string dan dengan palm muted, lakukan dari pelan menjadi kencang (suara notnya), bukan kecepatannya.

Silahkan juga pelajari dasar dasar teorinya di Panduan Belajar Teori Gitar/Keyboard untuk Pemula dan untuk mempelajari tehnik lainnya seperti tehnik Arpeggio
selamat berlatih!
Arpeggio
Tehnik Arpeggio

Arpeggio merupakan gabungan nada yang bertahap dan dibunyikan secara berurutan yang merupakan bentukan sebuah chord tertentu.
Tips untuk melatih arpeggio ini sebaiknya kita memperhatikan akurasi nada, tehnik picking, posisi jari. ingat untuk memulai latihan dengan tempo yang sedang sampai anda menjadi terbiasa kemudian percepat temponya sedikit demi sedikit, jika anda hanya mengandalkan kecepatan jari tangan kiri dan tidak didukung dengan picking yang akurat maka hasilnya akan ada not yang tidak jelas bunyinya, maka dari itu kuncingnya adalah sinkronisasi jari tangan kiri anda dengan picking anda. mulailah latihan dengan tempo lambat, fokuskan untuk keakuratan nada dahulu.


Ex.1 Arpeggio descending

pada latihan ini kita akan menggunakan 4 chord yaotu Dmaj, Em, F#m dan Gmaj, pada chord Dmaj kita akan melakukan arpeggio dengan urutan nada D-F#-A-D-F#(Dmaj) E-G-B-E'-G(Em), F#-A-C#-F#'-A'(F#m), G-D-B-G'-B'(Gmaj).

Dmaj Em
----------------2-------------------------3----------
-------------3-----3-------------------5-----5-------
---------2-----------2---------------4----------4----
------4----------------4----------5----------------5-
---5---------------------------7---------------------
-----------------------------------------------------

F#m Gmaj
----------------5-------------------------7----------
-------------7-----7-------------------8-----8-------
---------6-----------6---------------7----------7----
------7----------------7----------9----------------9-
---9---------------------------10--------------------
-----------------------------------------------------


Ex.2 Arpeggio ascending


----------------2----5-----|-----7---5-----------------
-------------3-------------|-----------5---------------
---------2-----------------|---------------4-----------
------4--------------------|------------------5--------
---5-----------------------|---------------------7-----
---------------------------|---------------------------



----------------5----9-----|----10---7-----------------
-------------7-------------|-----------8---------------
---------6-----------------|---------------7-----------
------7--------------------|------------------9--------
---9-----------------------|---------------------10----
---------------------------|---------------------------






Ex.3 Simple Classic Arpeegio


~~~
-4--1--------1-4--7---4--------4--7---10--7--------7--12----
-------3---3-------------6---6--------------9----9----------
---------4-----------------7------------------10------------
------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------

Setelah Mempelajari Tehnik arpeggio di atas, cobalah untuk melatih arpeggio dengan posisi chord lainnya dengan tujuan memperluas pengetahuan, dan posisi jari. tujuan dari mempelajari tehnik arpeggio ini adalah untuk mencapai keterampilan jari, akurasi nada, serta kecepatan yang menakjubkan seperti para dewa gitar yang menjadi idola kita. Tetapi saya ingatkan agar anda berlatuh secara bertahap dan teratur agar mendapatkan dasar permainan yang bagus terlebih dahulu. Selamat Berlatih!

0 komentar:

Posting Komentar


Sponsors

Name :
Web URL :
Message :

ARDIPIFA BLOG © 2008. Blog design by Randomness