Drum sebenarnya bermacam-macam. Ada snare, tom-tom, bass, conga, tymbal, mondo, bedug, tabla... dll, mereka sebenarnya adalah drum, karena memainkannya dengan cara dipukul. Tetapi yang kita bahas adalah DRUMSET, yang bisa dibilang bentuk drum paling modern. Drumset itu sendiri sebenarnya terdiri atas 3 drum, yaitu Snare, tom-tom dan bass drum. Untuk tom-tom masih dapat dibagi dua lagi, yaitu: Mounted tom dan floor tom-tom (tergantung dari peletakan dan diameter saja). Dari ketiga unsur tersebut masih ada beberapa unsur penting lagi, yaitu cymbal, hardware (pedal, hihat stand, cymbal stand, snare stand, tom holder/tom stand) dan drumhead.


Tom-tom terdiri atas berbagai macam ukuran baik dalam kedalamannya dan diameternya. Ukuran suatu drum biasnya ditulis 12x10 yang maksudnya adalah kedalamannya 12 inchi dan diameternya 10 inchi. Diameter tom-tom bervariasi, biasanya tom-tom paling kecil berdiameter 6", dan berlanjut ke 8", 10", 12", 13", 14", 15", 16", 18" dan 20". Ukuran tom-tom 14" keatas dapat digolongkan sebagai floor tom-tom, tetapi tergantung dari peletakannya juga. Tom-tom menggunakan 2 drumhead, atas dan bawah, kecuali pada tahun 70-an dimana tom-dan bass drum hanya menggunakan 1 drumhead saja, dan suaranya jelek sekali. Badan tom-tom atau yang biasa disebut dengan shell terbuat dari kayu. Untuk drum kelas pemula biasanya menggunakan kayu Mahogany dan untuk kelas professional biasanya menggunakan kayu Birch dan Maple. Kayu Birch dan Maple lebih mahal karena menghasilkan suara atau tone yang bulat dan jernih. Kayu pada tom-tom biasanya mempunyai ketebalan dari 4 sampai 10 mm. Semakin tipis kayu maka suara yang dihasilkan semakin kaya dan sensitive. Sedangkan semakin tebal kayu suara yang dihasilkan semakin keras, tetapi suaranya tidak terlalu kaya dan kurang sensitive.

Bass drum tidak terlalu berbeda dengan tom-tom, hanya bass drum mempunyai diameter yang lebih besar, 16", 18", 20", 22", 24" dan bahkan 26" atau lebih. Dan bass drum dipukul dengan menggunakan pedal dan ditaruh dibawah. Tetapi suara bass drum tidak seperti tom-tom yang bersuara "Dung..." tetapi cenderung bersuara "Dug..." (lebih mati suaranya). Kayu bass drum cenderung lebih tebal untuk menghasilkan suara yang lebih keras dan untuk ketahanan drum itu sendiri.



Snare drum adalah drum yang paling berbeda diantara lainnya (dari bentuk dan suaranya). Dan snare drum merupakan unsur utama dari drumset (yang paling sering dipukul). Drum ini biasanya berukuran 10" sampai 15", tetapi yang paling biasa digunakan adalah ukuran 14". Yang membuat perbedaan pada snare drum yaitu pada bagian bawah drum tersebut. Di bawahnya menggunakan kawat-kawat yang berbentuk spiral atau yang sebenarnya dinamakan Snare Wire /Strainer. Benda itulah yang membuat perbedaan pada snare drum. Jika anda memukul head atasnya maka snare wire dibawah segera merespon, dengan cara 'memukul' kembali head bawah dan menghasilkan suara yang tajam. Maka dari itu, sebenarnya 'nyawa' dari snare drum terletak pada snare wirenya. Jika snare wirenya dilepas maka suara yang dihasilkan hampir sama dengan tom-tom.

Cymbal, lagi-lagi merupakan 'nyawa' bagi drumset, karena hampir tidak mungkin bermain drum tanpa cymbal (ibaratnya seperti makan nasi tanpa nasi, nggak makan donk...). Cymbal terdiri atas 4 jenis mereka yaitu:
1. Hihat cymbal:
'Jantungnya' cymbal dan drum. Berguna untuk menjaga waktu/tempo. terdiri atas sepasang cymbal. berukuran 8" sampai 15". Ukuran standart 14"
2. Ride cymbal:
Sama fungsinya dengan hihat tetapi dengan bentuk dan suara yang berbeda. Hanya terdiri dari satu cymbal tetapi berukuran besar 18" sampai 22". ukuran standar 20"
3. Crash cymbal:
Berguna untuk memberi phrase/nada pada suatu lagu. Berukuran 13" sampai 22" tergantung dari selera pemain.
4. Efek cymbal:
Efek cymbal terdiri atas Splash, bell, china dan swiss. Berguna untuk memberi 'warna' khusus pada suatu lagu. Splash dan bell biasanya berukuran 6" sampai 12" dan untuk china dan swiss biasanya berukuran 16" sampai 22".




Hardware terdiri atas berbagai macam bentuk dan fungsi:

1. Pedal:
Berguna untuk memukul bass drum, juga tersedia double pedal, yaitu pedal yang menggunakan 2 pedal dan 2 pemukul atau beater untuk mendapatkan suara yang lebih pada bass drum.
2. Hihat stand:
Untuk menempatkan hihat cymbal yang terdiri atas 2 buah cymbal sehingga anda dapat membuka dan menutup kedua cymbal itu dengan kaki kiri anda.
3. Cymbal stand:
Untuk menempatkan segala macam jenis cymbal kecuali hihat.
4. Snare stand:
Untuk menempatkan Snare drum dan anda dapat merubah posisinya sesuka anda.
5. Tom holder/tom stand:
Berguna untuk memasang tom-tom.
Drumhead mempunyai ukuran, type, fungsi dan ketebalan yang berbeda. Drumhead terdiri atas 3 bagian; Pertama Batter head, yaitu drumhead yang dirancang khusus untuk dipukul. Kedua, Resonant hanya ditaruh pada bagian bawah tom-tom dan bagian depan bass drum. Head ini tidak untuk dipukul, head ini berguna untuk memberi 'hidup' pada tom-tom dan bass drum. Dan terakhir adalah snare side, khusus hanya untuk ditaruh dibagian bawah snare untuk mendapatkan suara snare wirenya. Snare side merupakan head yang paling tipis. Ingat, tidak untuk dipukul.

Masih banyak drummer-drummer baru, bahkan yang sudah lama bermain drum tidak mengetahui pukulan yang dinamankan rimshot.
Suatu hari ketika saya menjadi salah seorang tim penilai pada saat audisi festival drum (music) tahun 2000, saya melihat 2 atau 3 orang drummer yang main dengan pukulan yang keras, tetapi kenapa suara snare-nya tetap saja tidak terdengar (terdengar sih, tapi suara pelan dan tidak tajam). Dan sepertinya dia mencoba memukul keras-keras snarenya supaya terdengar, tetapi sia-sia. Kemudian saya lihat yang ternyata dia tidak menggunakan teknik Rimshot pada snare-nya sehingga suaranya pelan dan tidak tajam.
Banyak drummer yang susah payah mencari suara snare yang bagus, sampai-sampai mereka mengganti head, men-tune snarenya dengan tensi yang berbeda-beda dan bahkan ada juga yang sampai membeli snare baru. Mereka tidak tahu kuncinya untuk mendapatkan suara snare yang tajam dan bagus...yaitu Rimshot!
Sebenarnya tidak ada salahnya anda tidak menggunakan rimshot. Teknik memukul biasa sering digunakan pada lagu-lagu country, pop. Tetapi jika anda memainkan musik rock, fusion, funk, latin, jazz dan metal yang anda butuhkan andalah RIMSHOT!
Jika anda belum tahu mengenai rimshot, lihatlah gambar dibawah ini.



Ini adalah pukulan biasa. Ujung stick hanya memukul drumheadnya saja, suara yang dihasilkan tidak terlalu fokus apalagi jika dipukul keras dan drumheadnya akan cepat menjadi cekung.



Ini adalah pukulan Rimshot. Stick mengenai drumhead dan rim pada snare secara bersamaan, sehingga suara yang dihasilkan nyaring, penuh dan tajam, dengan pukulan seperti ini maka drumhead, rim dan shell akan 'bersuara' sehingga lebih terdengar karakter snare drumnya. Biasakanlah bermain dengan menggunakan teknik ini. Teknik ini merupakan keharusan jika anda hendak rekaman. Jadi, biasakanlah menggunakan teknik ini pada setiap lagu yang anda mainkan.

Hi KlinikDrummerz pemula! Di artikel ini akan dijelaskan cara mudah untuk memulai permainan drum. Yup, playing drums is easy, but it's hard to mastered it! Nah, jadi siapa bilang kalau main drum itu mudah? :)
Pertama, untuk memulai belajar main drum anda tidak perlu sebuah drum. Yang anda perlukan hanya duduk didepan komputer ini. Lho? Gimana cara? That's easy!!! Buatlah delapan ketukan dengan tangan kanan anda, tapi bunyi hitungan adalah " 1 and 2 and 3 and 4 and" (bahasa inggris). Pada setiap angka dan "and" yang anda sebutkan buatlah pukulan bersamaan dengan hitungan. Lakukan!
"one and two and three and four and"
Sudah? Nah, itu adalah ketukan 1/8. Ingat, 1/8.
Nah, sekarang buat ketukan dengan tangan kiri pada hitungan "two" dan "four". Tangan kanan tetap membuat ketukan seperti yang pertama. 1 2 3 4... Mulai!
"one and two and three and four and".
Sudah? mudahkan? Tapi itu belum semua... step terakhir adalah membuat ketukan dengan kaki kanan yang jatuhnya pada hitungan "one" dan "three". Tapi lagi2 tangan kanan dan kiri tetap melakukan hal yang sudah anda lakukan tadi, kaki kanan tinggal memperkaya ketukan2 itu. 1 2 3 4... mulai!
"one and two and three and four and...."
Wow! Selamat, anda sekarang sudah bisa dibilang seorang 'drummer'. Tapi ingat, itu hanya permulaan. Untuk menguasai drum secara hampir menyeluruh anda setidaknya membutuhkan waktu sekitar 6 tahun, atau bahkan lebih. :)
Pada drumset nantinya, tangan kanan anda ditempatkan pada cymbal hihat (biasanya terletak pada sisi kiri anda) atau cymbal ride yang biasanya terletak di sisi kanan anda. Tangan kiri pada snare drum yang sudah pasti terletak diantara kaki anda dan kaki kanan ditaruh diatas pedal bass drum. Dan anda tinggal melakukan pukulan2 itu dan sambung pukulan itu sehingga membentuk beat yang panjang. Menyambung pukulan2 itu mudah, ketukannya akan menjadi...
""one and two and three and four and one and two and.... dst"

Simak aja ilustrasi ini agar lebih mengerti dan jika dijadikan notasi, hasilnya adalah ilustrasi ini
Rudiment/Basic sticking adalah pukulan-pukulan dasar pada permainan drum. Setiap pola pukulan dibawah ini sangat penting untuk dikuasai karena sangat berpengaruh pada permainan drum dan sangat banyak digunakan.
Keterangan:
R=Tangankananmemukul
L=Tangankirimemukul


SingleStroke
R L R L R L R L


DoubleStroke
R R L L R R L L


TripleStroke
R R R L L L R R R L L L



Paradiddle
R L R R L R L L


Paradiddle-diddle
R L R R L L


Triplet/rough
R R L R R L atau L L R L L R
Cara memegang stick dan posisi kaki pada pedal
Ada dua cara memegang stick:
1. Matched grip (lihat gambar I)
2. Traditional grip (lihat gambar II)

Matched grip mempunyai 2 cara memegang yang berbeda:

A. Closed hand/tangan tertutup dimana pukulan sangat mengandalkan lengan dan pergelangan tangan sehingga pukulan menjadi kaku dan tangan cepat lelah, kecepatannya pun sangat terbatas.
B. Open hand/tangan terbuka dimana ibu jari dan telunjuk yang digunakan untuk menjepit stick, sedangkan ketiga jari lainnya seperti jari tengah, jari manis dan kelingking berperan untuk mendorong stick. Ketika stick yang didorong menyentuh drumhead, maka secara otomatis stick akan memantul kembali, gunakan pantulan itu untuk membuat pukulan berikutnya (ketiga jari mendorong stick itu kembali). Lakukan secara berulang-ulang, seperti mendribble bola basket saja.



Traditional grip
Perbedaan grip ini adalah pada tangan kiri, dimana stick dijepitkan di ibu jari dan ditaruh diantara jari tengah dan jari manis. Ibu jari yang berperan untuk mendorong stick. Sedangkan untuk tangan kanan cara memegangnya tidak ada perbedaan, seperti matched grip saja Traditional grip memang lebih sulit untuk dilakukan ketimbang matched grip karena mengontrol tangan kiri jauh lebih rumit.



Awal dari Traditional grip
Traditional merupakan cara memegang stick yang pertama digunakan, dimulai dari tahun 1600. Sebenarnya traditional grip diperlukan untuk keperluan drummer marching band pada saat itu yang dimana mereka menaruh snare drum dengan cara mengikatnya (seperti tas) dan talinya dilingkarkan dibahu, sehingga posisi snare drum miring kearah kanan. Karena posisinya miring kearah kanan, maka tangan kiri memakai grip yang berbeda dengan tangan kanannya guna untuk meraih snare drum tersebut (tangan kiri seperti memegang pensil, tetapi stick ditaruh diantara 2 pasang jari dan dijepitkan di ibu jari).
Tahun 1840 drumset baru ditemukan (snare, bass dan tom-tom) dimana tiga drum dimainkan dengan satu orang. Karena traditional grip merupakan kebiasaan turun-temurun yang berawal dari marching, maka traditional grip digunakan juga pada drumset. Kemudian lagi-lagi kebiasaan ini berlanjut dengan akhirnya pada pertengahan tahun 1960, Ringo Starr (drummer The Beatles) mengambil langkah maju dengan memegang stick pada posisi yang sama (tangan kiri sama seperti tangan kanan), sehingga seperti orang yang memegang dua buah palu. Yang kemudian dinamakan matched grip. Ternyata dengan menggunakan matched grip maka dengan mudah pemain drum dapat mengeluarkan power/tenaga yang diinginkan dan juga pukulan pada tangan kirinya menjadi lebih akurat.
Dan akhirnya keduanya pun dapat digunakan sesuai dengan aliran lagu dan selera pemain drum, untuk lagu yang lembut dan memerlukan sentuhan, maka traditional griplah yang 'bebicara', sedangkan untuk memainkan groove/beat yang solid dan lagu yang lebih modern (rock), matched grip yang paling cocok.

Menginjak pedal
Cara menginjak pedal ada 2 macam yaitu:
1. Heel down (lihat gambar A)
2. Heel up (lihat gambar B)

Kedua posisi kaki tersebut dapat dilakukan sesuai dengan aliran lagu dan selera pemain drum. Jika anda pemain jazz (swing, pop jazz) maka heel down merupakan pilihan yang tepat, tetapi jika anda pemain rock atau fusion dan funk maka heel up diperlukan untuk menciptakan groove yang lebih solid karena kecepatan dan kekuatan kaki akan bertambah.
Heel down sangat mengandalkan pergelangan kaki untuk memukul. Jadi, anda jangan berharap untuk medapatkan pukulan yang keras dengan posisi ini, hanya buang-buang tenaga saja.
Heel up menggunakan ujung kaki untuk menginjak pedal sehingga semua tenaga dapat dikerahkan. Untuk mendapatkan kecepatan yang lebih pada saat heel up, posisi kaki dimundurkan sehingga pada saat menginjak pedal (pada saat menginjak pedal kaki jangan ditahan tapi dilepas kembali), maka pedal akan kembali pada posisi semula karena ditarik oleh pegas dan anda tinggal menginjaknya lagi untuk memukul.
10 Tips penting
1. Selalu menggunakan EAR PLUG (penutup telinga) guna melindungi telinga dari kerusakan dan selalu gunakan pada saat latihan dan tampil. Sekarang banyak pemain drum yang telah mengidap penyakit tinnitus (kuping mendengung) dan sampai sekarang obatnya masih belum ada. Sayangilah pendengaran anda.
2. Biasakan menggunakan METRONOME setiap kali berlatih sehingga tempo anda senantiasa stabil.
3. Bermainlah dengan RILEKS, jangan tegang dan jangan membuang-buang tenaga, tidak ada gunanya.
4. Selalu menyiapkan STICK sendiri lebih dari satu pasang jika ingin tampil.
5. Jangan terlalu CEPAT PUAS dengan ilmu yang telah anda dapat. Cobalah menambah ilmu lagi dengan cara belajar dari guru drum yang berbeda atau dari teman anda yang lebih berpengalaman.
6. Jangan terlalu FANATIK pada satu atau dua aliran lagu saja, hal inilah yang dapat menghambat kreatifitas pemain dan membuat permainan anda menjadi monoton dan membosankan. Cobalah berbagai macam aliran musik dan usahakan anda dapat memainkan seluruh aliran musik yang ada.
7. Dalam permainan drum harus melibatkan FEEL atau dengan kata lain harus benar2 dirasakan, jangan asal pukul dan jangan pernah berpikiran bahwa semakin keras pukulan semakin bagus. Itu salah! Dan juga jangan berpikir bahwa semakin cepat anda bermain semakin hebat. Tidak juga, kekerasan dan kecepatan tidak ada sangkut pautnya dengan musikalitas.
8. Selalu berlatih dari TEMPO yang lambat dan jika sudah sangat terbiasa, tingkatkan temponya perlahan-lahan. Anda harus belajar berjalan dulu baru bisa lari.
9. DENGARKAN pada musisi lainnya, jangan hanya terfokus pada diri sendiri, dengarkan yang lain.
10. Jadilah pemain drum yang KREATIF, beri variasi pada setiap permainan drum yang anda dapat. Karena drum masih merupakan sesuatu yang 'baru', masih banyak variasi baru yang bisa anda dapatkan.


Note: Untuk EAR PLUG anda dapat membelinya di apotik yang besar atau di toko yang menjual perlengakapan militer. Untuk metronome disetiap toko musi pasti ada, dan carilah yang digital.
Teori Dasar Bermain Drum




Dalam sebuah musik, tidak asing lagi dengan yang namanya Drum. Drum adalah sebuah alat musik sebagai pelengkap serta sebagai tempo di dalam sebuah musik.Terlihat permainan drum itu susah, namun sebenarnya sangat asyik jika dapat memainkannya.
Didalam perminan drum dapat terlihat suasana emosi seseorang, selain itu juga permainan Drum juga berbeda-beda namun intinnya sesuai lagu yang sedang di bawakan.
Dari para drumer dunia yang terkenal seperti Travis, dia bermain dengan mengandalkan kecepatan,kegesitan dan feeling tempo yang sangat baik. Selain itu juga Drumer terkenal lainnya seperti Mike Portnoy, dia bermain dengan memperhatikan suara ketukan lagu yang dimainkan agar suara pukulan sesuai dengan suara musik.
Anda juga dapat bermain seperti mereka.
Disini loe dapat pelajaran dasar yang lumayan berharga di dalam teknik bermain drum,jadi yang pertama loe mesti kenal ama bagian-bagian Drum:

1. Snare Drum
2. Bass Drum

3. Hi-Hat
4. Small Tom
5. Medium Tom
6. Floor Tom




7. Crash Cymbal

8. Ride Cymbal

nah diatas ney adalah bagian-bagian dari drum, loe harus ingat jika loe pemain drum.
langkah awal bermain drum adalah mempelajari teori ketukan 1/4,1/8,1/16, dan 1/32:
1) 1/4
loe memukul snare drum sebanyak 2 kali,dengan menggunakkan tangan kanan dan kiri.
Tangan kanan loe saat memukul snare drum bareng dengan bass drum dan tangan kiri loe saat memukul snare drum juga bersamaan dengan bass drum.
Pukulan loe tuh harus mempunyai tempo dengan hitungan detik jam.

2)1/8
Hampir sama dengan ketukan 1/4, cuma beda tempo pukulan.
Saat loe memukul snare drum dengan tangan kanan barengan dengan bass drum, setelah itu tangan kiri loe memukul snare drum tetapi tidak bersamaan dengan bass drum dan inget juga tempo pada bass sesuai detik jam.
3)1/16
loe memukul sebanyak 4 kali pukulan dengan 1kali bass. Tangan kiri dan kanan lo bergantian memukul snare drum, ketukan bass sesuai tempo.
4) 1/32
Disini kecepatan tangan dalam tempo bass harus di perhatikan. Loe memukulnya sebanyak 8 kali dan bass 1 kali, caranya sama dengan ketukan 1/16 cuma pukulan loe ke snare drum sebanyak 8 kali.
Demikian dasar teori bermain drum, untuk teori selanjutnya akan gw tulis kembali.
Semoga dapat bermanfaat bagi teman – teman yang pengen belajar dasar bermain drum.

DASAR MAININ BASS

Instrument bass
Seperti gitar, bass adalah alat musik yang menggunakan dawai ato senar sebagai sumber suaranya. Hanya saja bass memakai 4 (senar paling atas kalo ada di gitar), yaitu senar E yang paling rendah, senar A, senar D dan senar G yang paling tinggi. Susunan senar pada bass (4senar) juga dimulai dari senar 6=E, 5=A, 4=D, dan 3=G. Demikian pula dalam penulisannya dalam tablature, bass hanya menggunakan 4 garis yang mewakili senar-senar tersebut.
Meskipun bass akustik ada, tapi mayoritas bass lebih sering ditemui dioperasikan secara elektronis atau listrik dan memerlukan ampli untuk memperkuat suaranya.
Fungsi bass

Pada sebuah lagu, bass berperan sebagai penentu dan pemandu chord yang sedang dimainkan dalam setiap pergerakan lagu. Disini, bass berperan bersama guitar dan piano. Bass juga berperan sebagai pengiring musik saat dimainkan, dimana peran ini berbagi dengan pemain drum. Kalo uda diketahui bahwa bass seakan menghubungkan antara pemandu (gitar dan piano) dengan pengiring (drum) sehingga dapat menjadi kesatuan yang harmonis dan terorganisir dengan baik.
Root note
Setiap musik ato lagu menggunakan chord sebagai pengiring. Chord sendiri sebenarnya adalah kumpulan dari paling sedikit 3 nada yang dibunyikan secara bersama ato berdekatan. Bunyi utama yang paling mudah dikenali dari ketiga nada tersebut disebut root note, dan nada kedua berikutnya adalah pelengkap chord yang dapat menghasilkan suasana ato nuansa tersendiri. Misalnya chord C minor (Cm), berarti root note-nya adalah C dan nada kedua berikutnya adalah yang menentukan chord C tersebut menjadi sebuah chord jenis minor.


Nada-nada yang dimainkan pada bass umumnya adalah nada yang berasal dari root note yang merupakan nada utama dari sebuah chord diatas. Jadi gampang aja, kalo mo main bass mesti tau donk chord yang dipake pada sebuah lagu itu apa, tuez tinggal petik aja satu nada C,D,B,A apa aja deh asalkan root note!!! Mainkan nada pas waktu ketukan perpindahan chord. Ditambah nada-nada dengan panduan tertentu untuk improvasi yang bisa dilatih, bass akan mempercantik nuansa yang dihadirkan dalam sebuah lagu. Itu adalah pengertian secara mendasarnya. Simple kan,,,,
Kekuatan bass

Teknik untuk menentukan kapan bass dimainkan menjelaskan bahwa ketukan bass seringkali identik dengan kekuatan pada bass drum lagu. Ketukan seperti ini tampak jelas pada lagu-lagu blues. Bass drum yang sering dimainkan secara seragam juga menunjukan bahwa permainan bass sebenarnya juga dimainkan secara seragam. Hal ini memperjelas bass sebagai iringan lagu sangat penting keberadaannya. Teknik lainnya menjelaskan bahwa menentukan ketukan bass bisa dilakukan dengan memahami tekanan pada tiap-tiap bagian lagu, seperti masuknya bunyi gong pada musik etnik. Pada musik reggae dan ska, basss dimainkan dengan ketukan dan digabung dengan pemilihan nada-nada yang dinamis, sehingga menimbulkan kesan yang unik dan ceria di dalam iringannya yang cenderung monoton.
Teknik permainan bass

Bass dimainkan dengan cara yang hampir sama dengan gitar, yaitu dipetik. Teknik memainkan bass yang lain seperti slapping (memukul), membetot atau menstrumming bass juga dilakukan oleh pemain yang sudah tergolong mahir seperti Flea RHCP, hamper semua teknik dimainkannya pada semua lagu-lagunya.
Beda dengan pola permainan yang dimainkan Sting The Police yang mengacu pada musik reggae pada awal-awalnya. Permainan bass Sting cenderung menggunakan root note yang dimainkan pada tiap 1 ketukan secara merata dan berpindah-pindah apa adanya mengikuti perpindahan chord-nya. Permainan seperti ini ada pada lagu “EVERY BREATH YOU TAKE”. Toh, dengan mengandalkan root note lagunya jadi enak banged didengerin,,, that’s my favorite song.

Teknik memetik bass yang sering dipakai bassist

1. Tehknik fingering

termasuk tehknik klasik dengan jari tengah dan jari manis (tangan kanan)merapat fret board , dimana tangan kiri di gunakan di bagian atas neck atau posisi dekat tuning head dengan jari-jari tangan merenggang. Pada contoh sederhana tiap-tiap jari menempati satu kolom fret, jika telunjuk menempati fret-1, maka jari tengah menempati fret-2, jari manis menempati fret ke-3 , dan jari kelingking menempati fret ke-4.Pada tehknik ini tekanan yang kuat dibutuhkan untuk menghasilkan suara yang baik. Metode ‘open finger’ dimana jari tengah dan jari manis berjarak agak melebar mempermudah untuk memainkan memainkan lebih banyak nada. Cara ini di adopsi dari cara bermain guitar elektrik, yang di gunakan pada posisi di tengah- tengah finger board atau arah mendekati bridge.Melalui tehknik fingering ini bassists jadi tau jari mana yang harus digunakan pada saat memainkan suatu scale. Kadang bassists perlu juga memainkan not pada lebih dari satu nada, maka senar yang di bunyikan juga lebih dari dari satu. Pada situasi ini, tangan kiri menekan senar dengan cara seperti memainkan chord pada guitar. Dalam memainkan musik yang bercorak ‘ballad’ (berirama lambat) bass-line mengambil jarak interval lebih besar dengan karakter bunyi nada lebih penuh dan panjang (sustain).Register atas dapat di jangkau dengan menyandarkan lengan kiri keatas body. Pada posisi ini, jari kelingking menjadi tidak efektif, sehingga ibu jari di gunakan untuk menggantikan kelingking. Untuk mendapatkan nada pada posisi yang janggal ini membutuhkan ketrampilan yang tinggi serta kekuatan pada jari-jari tangan.

2. Picking

merupakan tehknik membunyikan senar dengan cara di petik atau di betot.Banyak orang menyebut cara ini sama halnya dengan memukul senar bass, karena kadang dilakukan dengan keras di mulai dari jarak yang cukup jauh.. Tehknik picking mempunyai 2 jenis tehknik yang berbeda yang pertama tehknik fingerpicking yang memetik senar dengan menggunakan jari tangan dan tehknik plecpicking yang menggunakan plectrum.

A.Tehknik fingerpicking

menggunakan jari jemari untuk memetik senar bass. Cara ini menghasilkan sound yang bulat dan padat, hal ini juga tidak banyak menghasilkan noise yang tidak diinginkan. Keuntungan lain dari tehknik ini adalah touch–nya lebih terasa karena jari tangan yang langsung menyentuh senar. Hal ini menyebabkan feel terhadap groove menjadi lebih peka. Dengan cara ini kita juga bisa memainkan kelima jari kita sekaligus. Tetapi cara ini juga mempunyai kekurangan. Salah satu kekuranggannya adalah dengan cara ini sulitnya memetik secara konstan.


B. Tehknik Plecpiking

menggunakan alat Bantu petik plectrum atau biasa di sebut pick. Banyak orang menganggap tehknik ini lebih baik di banding dengan tehknik Fingerpicking karena dengan tehknik ini suara yang di hasilkan akan lebih bright dan lebih nyaring. Suara yang di hasilkan akan terasa lebih nyaring di karenakan bahan plastik sintetis yang membentuk plectrum ini mempunyai kekerasan yang cukup, bahkan lebih keras dari kuku manusia.Memainkan bass dengan tehknik Plecpiking juga menguntungkan bagi pemain untuk dapat bermain lebih konstan. Petikan senar juga bisa kita lakukan dengan cepat, karena dengan menggunakan pick kita dapat memetik senar bass dengan 2 arah yaitu dari atas dan dari bawah (upstroke dan downstroke).Tetapi penggunaa pick dalam permainan bass juga ada kerugiaanya, salah satu kekurangan nya adalah kurang bulatnya suara yang di hasilkan. Suara yang di hasilkan akan sedikit kehilangan ketebalan dan kurangnya nada rendah yang di hasilkan. Kekurangan lain tehknik ini adalah si pemain tidak dapat membunyikan lebih dari satu senar secara bersamaan

Kedua tehknik itu kini populer dimainkan para bassists baik ketika mereka tampil secara live mau pun saat recording. Dan melihat kelebihan dan kekurangannya para pemain bass tinggal memilih mana tehknik yang ingin mereka gunakan.

Teknik Picking

Untuk memainkan gitar elektrik, lebih banyak pemain gitar yang menggunakan pick untuk memetik gitar dibandingkan dengan menggunakan jari. Beberapa contoh bentuk pick gitar :

Tidak ada standar yang baku dalam memegang pick gitar ini. Namun kebanyakan pemain gitar memegang pick gitar dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk seperti gambar berikut :

Kemudian untuk memetik gitar dengan pick, harus dilakukan dengan 2 arah, ke atas dan ke bawah seperti pada gambar di atas. Mengapa ? Karena jika memetik dilakukan satu arah, misalnya ke bawah saja, akan jauh lebih lambat dibandingkan memetik dengan dua arah.
Sebagai perbandingan, cobalah untuk memetik salah satu senar 8 kali petik dengan petikan satu arah. Kemudian coba lagi memetik salah satu senar 8 kali petik dengan petikan 2 arah. Akan terlihat perbedaan kecepatannya bukan ?
Untuk pelajaran kita disini, digunakan tablatur gitar. Bentuk tablatur gitar adalah sebagai berikut :
|---------------------------------|---------------------------------senar 1
|---------------------------------|---------------------------------senar 2
|---------------------------------|---------------------------------senar 3
|---------------------------------|---------------------------------senar 4
|---------------------------------|---------------------------------senar 5
|---------------------------------|---------------------------------senar 6

Tablatur gitar ini akan diisi dengan angka-angka yang menunjukkan fret gitar nomor berapa yang harus ditekan dengan jari tangan kiri, contohnya sebagai berikut :
|-0--0--0--0--3--3--3--3--4--4--4--4--7--7--7--7-|-8--8--8--8--11--11--11--11
|------------------------------------------------|--------------------------
|------------------------------------------------|--------------------------
|------------------------------------------------|--------------------------
|------------------------------------------------|--------------------------
|------------------------------------------------|--------------------------
Pada gambar tersebut di atas, angka 0 menunjukkan fret 0 (senar lepas) pada senar 1, fret 3 pada senar 1, fret 4 pada senar 1, dst. Ruang antar garis vertikal (|) dengan garis vertikal berikutnya menunjukkan satu bar, yang menunjukkan 4 ketukan. Latihan 1 Mari mulai latihan kita. Latihlah memetik gitar dua arah dengan menggunakan pick pada tablatur berikut :
d petik ke bawah (down)
u petik ke atas (up)
d u d u d u dst
|-0--0--0--0--1--1--1--1--2--2--2--2--3--3--3--3-|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|

|------------------------------------------------|
|-0--0--0--0--1--1--1--1--2--2--2--2--3--3--3--3-|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|

|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|-0--0--0--0--1--1--1--1--2--2--2--2--3--3--3--3-|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|

|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|-0--0--0--0--1--1--1--1--2--2--2--2--3--3--3--3-|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|

|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|-0--0--0--0--1--1--1--1--2--2--2--2--3--3--3--3-|
|------------------------------------------------|

|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|-0--0--0--0--1--1--1--1--2--2--2--2--3--3--3--3-|

Catatan :
• Fret 0 senar lepas
• fret 1 ditekan menggunakan jari telunjuk
• fret 2 ditekan menggunakan jari tengah
• fret 3 ditekan menggunakan jari manis
Lakukan latihan di atas pelahan dulu, perhatikan tempo, akurasi petikan maupun penekanan fret. Lalu secara bertahap latih dengan menambah tempo semakin cepat. Jika ada, gunakan metronom untuk melatih tempo, jika tidak, kita dapat menggunakan kaki yang kita ketukkan ke lantai secara konstan.
Latihan 2
Latihan ini untuk melatih picking serta melatih jari kelingking pada tangan kiri.
d petik ke bawah (down)
u petik ke atas (up)
d u d u d u dst
|-1--1--1--1--2--2--2--2--3--3--3--3--4--4--4--4-|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|

|------------------------------------------------|
|-1--1--1--1--2--2--2--2--3--3--3--3--4--4--4--4-|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|

|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|-1--1--1--1--2--2--2--2--3--3--3--3--4--4--4--4-|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|

|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|-1--1--1--1--2--2--2--2--3--3--3--3--4--4--4--4-|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|

|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|-1--1--1--1--2--2--2--2--3--3--3--3--4--4--4--4-|
|------------------------------------------------|

|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|------------------------------------------------|
|-1--1--1--1--2--2--2--2--3--3--3--3--4--4--4--4-|

Catatan :
• fret 1 ditekan menggunakan jari telunjuk
• fret 2 ditekan menggunakan jari tengah
• fret 3 ditekan menggunakan jari manis
• fret 4 ditekan menggunakan jari kelingking
Latihlah semakin cepat ! Namun harus akurat dan bersih. Jangan gunakan efek gitar apapun untuk berlatih. Buat variasi latihan sendiri dalam melatih jari tangan.

Sebelumnya perlu diingat

untuk bermain speed kuncinya berada di tangan kanan ( picking ) bukan tangan kiri ( fingering )
dan cara untuk melatih speed fingering :

- Kamu harus latihan semuanya ( fingering dan picking ) dalam Tempo yang sangat pelan untuk mendapatkan sinkronisasi tepat serta TONE yang rata di

di Setiap jari.Lalu secara perlahan kecepatannya ditambah sampai kamu masih tetap merasa nyaman dan jujur terhadap dirimu sendiri. jika ada

NADA NADA yang kurang rapih atooo masih belom bersih, sebaiknya menurut saya kamu gunakan metronom untuk membantu agar permainan anda

bersih dan rapih. dan metronom juga membantu supaya kamu lebih terbiasa dengan ketukan tempo yang teratur


Tab Hammer on + Pull off


Tab Hammer on




Tab Pull off



Picking……

Menurut saya picking adalah cara bagaimana anda memetik senar gitar. Bagi seorang gitaris picking tidak boleh di sepelekan, karena itu ada banyak sekali tipe-tipe picking yang dapat kita pelajari. Saya sendiri bukanlah seorang yang piawai dalam bermusik (terlebih untuk memainkan alat musik gitar) tetapi saya akan coba menjelaskan beberapa tipe picking yang menurut saya hanya ada 2 konsep yaitu picking menggunakan jari (finger picking) dan picking menggunakan alat (Proper picking). Dari kedua konsep dasar picking tersebut maka dapat di ciptakan variasi-variasi picking lainnya yang dapat anda gunakan sesuai kebutuhannya.

Finger Picking
Finger Picking merupakan suatu cara memetik senar gitar menggunakan jari, dalam penulisan notasi-notasi musik jari kanan dan kiri di bedakan menggunakan simbol huruf dan angka. Jari-jari kiri biasanya di gunakan untuk menekan senar pada fret-fret gitar, sedangkan jari kanan biasanya di gunakan untuk memetik senar-senar tersebut. di ilustrasikan seperti gambar berikut :

Langsung saja kita praktekan dengan membaca notasi tablature di bawah ini :

Anda lihat bar yang pertama dari gambar diatas, nada pertama anda menekan senar 4 fret 2 dengan menggunakan jari tengah tangan kiri dan memetiknya dengan jari Jempol tangan kanan. Dilanjutkan dengan memetik senar 2 fret ke 1 menggunakan jari telunjuk tangan kiri dan di petik menggunakan jari tengah tangan kanan. Lalu dilanjutkan dengan memetik open senar 3 menggunakan jari telunjuk tangan kanan. Selanjutnya memetik open senar 1 menggunakan jari manis tangan kanan. Dan begitu seterusnya.


Proper Picking

Propper Picking
Proper Picking merupakan suatu metode memetik gitar dengan menggunakan alat seperti pick, ada banyak variasi dan tehnik yang dapat di gunakan dan di kembangkan pada metode ini. Saya akan menjelaskan beberapa variasi-variasi proper picking diantaranya :
• Up-stroke picking = Istilah ini di gunakan apabila anda memetik senar kea rah atas, biasanya di notasikan dalam tablature berbentuk karakter V
• Down-stroke Picking = istilah ini di gunakan apabila anda memetik senar kea rah bawah, biasanya di notasikan dalam tablature berbentuk karakter ^
• Arternate Picking = Merupakan gabungan dari upstroke picking dan downstroke picking yaitu memetik senar kea rah atas dan bawah. Picking jenis ini paling sering di gunakan karena dapat memetik senar lebih cepat di bandingkan bila anda hanya menggunakan up-stoke saja ataupun down-storoke saja
• Economic Picking = Variasi tehnih picking untuk permainan permainan solo cepat, economic hampir sama dengan arternate picking, yang membedakan economic dapat membunyikan 2 nada pada 2 senar yang berbeda menjadi satu kali petikan
• Circle Picking = Kadang ada juga yang menyatakan kalau circle picking sama dengan economic picking, tapi saya membedakannya karena pada circle picking memetikan senar dengan cara memutar seperti lingkaran sehingga dapt menghasilkan suara lebih halus (Anda boleh kok tidak sependapat dengan saya )
• Sweep Picking = bias juga di sebut arpeggio picking. Variasi ini di gunakan untuk memetik beberapa senar gitar sekaligus, dengan cara memetikan senar kebawah saja atau keatas saja.
• Tremolo Picking = Sama dengan arternate picking, variasi tremolo biasanya bisa di bedakan ketika ada 1 nada di petik secara sering (berulang-ulang) dan cepat.
• Harmonic Picking = Variasi picking untuk mengkasilkan nada-nada harmonic. Silahkan lihat dan dengarkan suara gitar yang di hasilkan dari video berikut.
Masih banyak lagi variasi-variasi picking yang lain, mungkin ada yang bisa bantu menambahkan….
Tehnik Senam Jari (Part I)

Sebelum melakukan tehnik senam jari, hendaknya Anda melakukan pemanasan/stretching pada tanggan anda khususnya.
Kemudian pelajari juga cara memetik gitar yang benar, caranya: taruh tangan Anda pada bagian tremolo (ujung pangkal senar pada body gitar) usahakan bisa memetik mulai dari senar ke 1 sampai senar ke 6 tanpa menggeser posisi tangan Anda tadi.
Lalu, coba Anda melatih memetik gitar dengan menggunakan pick secara down up (turun naik) pada senar 1 sampai senar 6 dengan tempo yang stabil.
Berikut salah satu tehnik senam jari:


Bagian pertama:

E|————————————————————–1–2–3–4–
B|————————————————–1–2–3–4————–
G|————————————–1–2–3–4————————–
D|————————–1–2–3–4————————————–
A|————–1–2–3–4————————————————–
E|–1–2–3–4————————————————————–
Keterangan :
• Senar dipetik turun dulu, baru naik, begitu seterusnya (nomor yang ganjil turun, yang genap naek)
Bagian kedua:
E|–4–3–2–1————————————————————–
B|————–4–3–2–1————————————————–
G|————————–4–3–2–1————————————–
D|————————————–4–3–2–1————————–
A|————————————————–4–3–2–1————–
E|————————————————————–4–3–2–1–
Keterangan :
• Senar dipetik naek dulu, baru turun, begitu seterusnya (nomor yang ganjil naek, yang genap turun)
Lakukan kedua bagian di atas secara berurutan, maksudnya bagian kedua adalah sambungan bagian pertama, jadi sebenarnya bagian pertama dan kedua tidak terpisah, setelah pertama lalu langsung kedua.
Lakukan dengan tempo perlahan kemudian tambah kecepatan temponya secara bertahap. Hendaknya senam jari dilakukan minimal selama 30 menit sehari selama seminggu, insyaAlloh tangan Anda akan lancar dalam memetik gitar (bermain melodi)

berlatih teknik sweep picking
Untuk kesempatan postingan kali ini saya mencoba memberikan gambaran tentang ilmu saya yang pas pasan ini mengenai bermain melodi, tapi sebelumnya saya mohon maaf jika ada salah satu sobat yang ga berkenan dengan blog ini, mengingat kejadian beberapa waktu lalu ada beberapa pengunjung blog ini yang menyampaikan komentarnya yang kurang enak di baca melalui post komentar ataupun prifat messege yahoo messenger, untuk sekedar di ingatkan bahwa ini adalah media blog yang mana adalah suatu kebebasan yang mutlak bagi penulis ! pengunjung yang merasa berkenan dengan artkel artikel yang saya posting melalui blog ini silahkan ambil jika emank bermanfat buat sobat sekalian, (cielah serius amat cih abang ini..? hehehe) yupz, kita langsung aja kembali ketopik pembicaraan yaitu mempelajari atau berlatih teknik sweep picking, apakah yang di maksud dengan teknik sweep picking..? jika di artikan ke dalam bahasa indoneisa "tekhnik sweep picking " adalah suatu tehnik permainan gitar yang mana cara memetiknya seperti menyapu, dalam artian menyapu dalam bentuk style (pola) aja.. bukan menyapu sampah bos.... huehueheuhe... jadi cara kerjanya begini, anda memetik senar gitar seperti menyapu dan yang di pakai untuk menyapu adalah pick/ kliper dan yang disapu adalah senar gitar... nah.. udah paham lom... saya jamin pasti belum paham, coz susah banget sih cara menyampaikannya, hiks hiks hiks... tapi saya akan berusaha menyanpaikan dengan sejelas jelasnya. Sweep picking jika di artikan kedalam bahasa indoneisa adalah petikan menyapu... gimana yah,... waduh susah bgd agar bisa memberikan gambaran yang mudah di pahami dan dimengerti bagi pembaca yang lain... seriuss!! pasti bisa.... nah mungkin untuk memperjelasnya kita mereview yang lainya dan berkaitan dengan teknik sweep picking ini, jadi...., tehnik sweep picking ini kebanyakan di maiankan dalam bentuk / style / pola chord atau kunci gitar, nah.. sekarang kita langsung praktek aja kali yah biar mendapatkan gambaran apa itu " teknik sweep picking ". mari kita lihat contoh tehnik sweep picking di bawah ini...

nah mengingat tehnik sweep picking yang kebanyakan menggunakan pola chord, mari kita lihat pola chord di bawah ini, yaitu pola chord balok Em :

E||-----|-----|-----|-----|-----|-----|--o---|-----|-----|-----|---
B||-----|-----|-----|-----|-----|-----|--*---|--o--|-----|-----|---
G||-----|-----|-----|-----|-----|-----|--*---|-----|--o--|-----|---
D||-----|-----|-----|-----|-----|-----|--*---|-----|--o--|-----|---
A||-----|-----|-----|-----|-----|-----|------|-----|-----|-----|---
E||-----|-----|-----|-----|-----|-----|------|-----|-----|-----|---
nah... sekarang kita lihat seksama pola kord Em di atas, jika di mainkan dalam teknik sweep picking cara memetik sapuannya yaitu petik dari bawah ke atas (jika di mainkan di gitar memetiknya dari atas ke bawah) dan jari tangan kiri yang memegang senar yg membentuk pola chord Em, speed atau kecepatannya harus sama atau sebanding dengan kecepatan jari tangan kanan yang di pakai untuk mensweeping / menyapu petik senar...
untuk lebih jelasnya akan saya kasih gambaran perbedaan antara sweep picking dengan menggenjreng (gonjreng). pada dasarnya sama saja antara sweep picking dengan menggenjreng, cuman... kalo menggonjreng jari tangan kiri yang memegang senar yang membentuk pola chord Em di atas, jari kita hanya diam dan diam membentuk pola chord Em (coba sekarang mainkan pola chord Em diatas dan gonjreng dua kali, yaitu sekali kebawah dan sekali kembali keatas), nah jari tangan kiri anda masih diam dan membentuk pola kord Em kan..?
terus sekarang kalo di mainkan dalam teknik sweep picking, jari tangan kiri kita yang memegang senar yang membentuk pola chord Em jari kita tidak terpaku dan diam dengan pola chord Em tersebut, jadi jari tangan kiri kita bergerak mengikuti petikan jari tangan kanan kita yang membentuk seperti menyapu (sweep) dan inget memetiknya dari atas ke bawah dan kembali ketas lagi (kayak mengginjreng).

Tips Belajar Bermain Melody

Ass buat semua pengunjung blog gw!! Sebelumnya saya sudah memberikan sedkit pendahuluan bagaimana cara membaca tablatur dan apa saja kelemahan dan kelebihannya, yang telah dijelaskan kelebihannya yaitu tablatur memiliki lambang-lambang teknik khusus seperti sudah saya jelaskan diatas. Saya bakalan sedikit bercerita bagaimana seh caranya menguasai melody, apa saja latihan-latihan yang diperlukan untuk menguasai melody dengan cepat? Saya akan menjawab semua pertanyaan diatas menurut pengalaman pribadi saya sendiri.
Okey…yang pertama “jelas donk kita harus memiliki sebuah gitar, kalau tidak punya yah kelaut ja deh”!!he7 just kidding kok. Gitar yang bisa digunakan yaitu boleh gitar listik atau gitar bolong, (tapi khusus melody lebih baik menggunakan electric guitar) sebab untuk bermain melody lebih mudah dengan menggunakan gitar tersebut.
Awal saya bermain gitar itu kelas 2 smp, yang mengajarkan yaitu kakak saya. Berawal bermain gitar saya hanya bisa genjrang-genjreng ja tuh. Karena keterbatasan ilmu yang dipunyai oleh kakak saya, saya cuman mendapat kunci-kunci dasar saja dari beliau. Selama tiga tahun kedepan saya belum berkembang 1 langkah pun, karena tidak adanya literatur dan instruktur yang mengajari saya. Pertama Ngejam saya di studio itu, pada saat saya beranjak sma, dengan diajak oleh teman. Dan akhirnya saya mulai agak sering latihan band distudio, tapi apa hasilnya? Tidak ada perubahan pada diri saya, skill saya tidak bertambah, wawasan musik saya pun segitu-gitu aja. Saya sempat berfikir, bagaimana caranya agar saya bisa menjadi seorang gitaris yang hebat?saya rasa anda juga pasti pernah merasakan hal seperti saya ini, yang kepengen menjadi seorang gitaris yang handal.
Setalah kelas 2 saya lebih aktif lagi ngeband. Saya punya teman yang mengajak saya untuk masuk kedalam anggota band dia, ternyata saya disuruh ngebass. Weleh-weleh ternyata posisi ini saya nikmati dengan santai, nah mulai dari sini permainan gitar saya mulai berkembang, kenapa bisa? Saya belajar dengan cara observatif, yaitu saya mengamat dan mentelaah cara bermain gitaris saya, lebih spesifiknya saya melihat style dan pengimprovisasian dia lebih mendalam, setelah itu saya praktikan dirumah hingga bisa seperti itu. Selain itu juga saya banyak belajar dari teman saya itu, dengan bertanya dan meminta dia mengajari saya, teknik-teknik yang dikuasainnya. Palm mute atau disebut deep saja saya belajar teknik itu dari dia. Jadi Intinya kalian harus banyak belajar dari orang-orang disekeliling kalian, karena masih banyak sekali orang-orang yang memiliki kemampuan jauh diatas kalian. Jadi jangan sombong dan puas akan sesuatu yang sudah didapat
Akhir kelas dua, band saya mulai diambang kehancuran karena 2 personil saya keluar karena ada masalah intern diantara kami. Tapi dari kejadian ini, akhirnya saya mendapatkan posisi gitaris. Kenaikan kelas 3 saya pindah sekolah, dan saya bertemu orang yang handal bermain gitar, dia teman sekelas. Waktu itu saya berfikir bahwa ini merupakan kesempatan yang baik, untuk dimanfaatkan. Akhirnya saya pun belajar dari dia, disini saya mulai mengenal lebih mendalam tentang melody, disini juga saya menganal apa itu Picking, Sweeping, tapping, natural harmonik, pinching harmonik. Ternyata teman saya sudah menguasai semua teknik ini. Yang lebih gila, pas di menunjukan permainanya, di melakukan sweeping dengan tempo yang sangat cepat dan bersih, dia juga bisa melakukan picking sambil sweeping dengan baik. Dari situ saya termotivasi dan antusias banget mau belajar dengan dia(thanks to Enozz). Akhirnya saya diajarkan teknik-teknik itu. Ternyata susah gila……., dengan diberikan contoh, saya mempraktikan kembali dirumah berulang-ulang sampai saya menguasai taknik itu. Duh capek……kayaknya terlalau berbelit-belit yah???yasudh saya langsung saja memberikan tips-tips belajar melody!
• Tips-tips mudah belajar melody
1) Yang pertama kalian harus belajar banyak dari orang lain yang kemampuannya diatas kalian, dengan cara observatif dan mempraktikannya dirumah dengan intensif.
2) Banyaklah sharing dengan orang-orang yang berwawasan luas tentang musik, dan minta tolong kepada dia supaya mau mengajarkannya kepada anda.
3) Untuk para otodidak banyaklah beli-beli buku tentang musik, kalau saya boleh saran beli buku yang mengulas tentang scale dan arpegio pelajarilah dengan dinamis, serta intensif sampai kamu benar-benar hafal dan menguasainya.
4) Kamu-kamu juga harus sering dengerin musik yang banyak instrumennya kayak Dream theater, Paul gilbert, Joe Satriani, Steve Vai. Kalau perlu ulik tuh lagu, itu juga melatih feeling kamu supaya kamu lebih bisa berimprovisasi dengan baik.
5) Latihan minimal 3-4 jam/hari, latih terus jari-jemari kamu hingga keempat jarimu harmonis.
6) Senam jari harus sering dilakukan, biar jari-jari kamu tidak kaku, lakukan setiap pagi selama 30 menit saja.
7) Yang paling penting kamu harus bisa menguasai picking dan sweeping, karena teknik ini merupakan yang paling penting dari suatu melody, kalau kamu sudah lancar kedua teknik ini, kesananya bakalan lebih gampang. Soalnya saya juga belum sepenuhnya menguasai, karena tidak ada waktu buat latihan seharian, coz saya orang sibuk, jadi ini bakalan sangat sulit sekali. Hohoho
8) Pilihlah pick yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, supaya picking yang kamu hasilkan bisa lebih bersih.
9) Kalau kamu merasa tidak bisa mengulik lagu-lagu yang saya berikan, atau kamu ingin mengetahui jalur pastinya. Kamu cari tablatur-tablaturnya banyak kok di internet, cari ja dengan menggunakan search engine google dan masukan keyword yang anda ingin cari. Saya juga sering banget cari, lumayan saya jadi gk usah pusing-pusing ngulik. Kalau kalian tidak tahu bagaimana cara bacanya dan masih bingung dengan simbol-simbol yang ada di tablatur, diatas saya sudah jelaskan bagaimana caranya, coba baca kembali ulasan diatas.
Coba anda bikin lagu sendiri dengan membuat instrumennya lebih berbobot, supaya daya improvisasi, feeling, dan inspirasi anda meningkat.
Tags: melody
Panduan Belajar Teori Gitar/Keyboard untuk Pemula
19:46 By: Revarius
Category Belajar Gitar

Hai Temanku sekalian, pada postingan kali ini revarius alias varius pengen membagikan sedikit pengetahuan di bidang musik nih, kan ada tuh pepatah yang bilang kalau kita punya ilmu maka amalkanlah ilmu itu agar bisa bermanfaat bagi sesama. setuju ga teman2?? :D sekarang aku mau membahas sedikit tentang musik nih lebih khususnya lagi buat yang mau belajar main gitar ataupun keyboard. Oke sekarang kita segera masuk yuk ke pelajaran pertama :p yaitu sekilas teori nada..

tentunya semua teman teman juga sudah pada paham dan tahu kalau nada itu hanya ada 7 yaitu do,re,mi,fa,sol,la,si.. sebelum mempelajari bermain alat musik ada baiknya memahami itu dulu sehingga saat bermain alat musik seperti gitar dan keyboard kita bisa mengaplikasikan nada tersebut ke dalam alat musik. nah yang berikut ini juga penting dipahami yaotu jarak antar nada yang bisa varius gambarkan seperti berikut

do re mi fa sol la si do'
1 2 3 4 5 6 7 8
W W H W W W H

maksudnya W adalah Whole step yang artinya jarak penuh bila kita aplikasikan pada gitar atau keyboard, dan H adalah jarak setengah..
tentu teman2 sering mendengar kan kalau dalam musik ada istilah major dan minor. diagram diatas adalah formula untuk major(perhatikan angka 1,2,3 dst dan WWHWWWH(ini adalah formulanya).
Gini contohnya nih...

misal kita ambil nada dasar pada kunci C maka diagramnya akan menjadi

1 2 3 4 5 6 7 8
C D E F G A B C
W W H W W W H

Maksudnya adalah jarak dari C ke D adalah 1 nada penuh, misal kita aplikasikan pada gitar artinya adalah jarak 2 fret dari nada dasar yang disini adalah C, dan contoh untuk H yaitu dari nada ke 3 menuju ke 4 yang ini adalah nada E ke F yaitu jaraknya adalah setengah nada yang pada gitar adalah jarak 1 fret.
harap dipahami, teori ini juga bisa diaplikasikan pada keyboard,bass,biola, dan semua alat musik melodi lainnya...

Contoh 2:
Misal kita ambil nada dasarnya A maka jadinya adalah seperti berikut

1 2 3 4 5 6 7 8
A B C# D E F# G# A
W W H W W W H

Jadi apapun nada dasarnya bentuk nada dari 1-7nya akan sesuai dengan formula WWHWWWH

nah dalam musik nada pembentuk accord major dasar adalah do,mi dan sol yaitu 1,3,5 nih contohnya pada gitar kita mainkan kunci C major: nada 1(do) pada kunci C di gitar ada pada senar 5 fret 3 nada 3(mi) pada kunci C ada pada senar 4 fret 2 dan nada 5(sol)
ada pada senar 2 fret 1, bila diaplikasikan ke kunci balok maka tetap saja yang dipakai adalah 1,3,5 walau jadinya seperti ini 1,5,3,1,5 tetap saja kan yang dipakai hanya nada do mi sol!... ini adalah dasar untuk membentuk accord pada gitar maupun keyboard

E-------------
B--------1----
G-------------
D-----2-------
A---3---------
E-------------

nntuk pembentuk nada minor formula 1,2,3 nya akan menjadi seperti ini

1 2 b3 4 5 b6 b7 8

contoh untuk nada dasar A tangga nada minornya adalah

1 2 b3 4 5 b6 b7 8
A B C D E F G A

tanda b pada angka 3,6 dan 7 artinya turunkan setengah nada tersebut...

contoh lain untuk nada dasar E minot

1 2 b3 4 5 b6 b7 8
E F# G A B C D E

jadi kesimpulannya jika ingin membuat tangga nada mayor ataupun accord mayor maka formulanya adalah 1,2,3,4,5,6,7,8 (WWHWWWH)
dan untuk minor adalah 1,2,b3,4,5b6,b7,8

Ok Sekian dulu yah....semoga bermanfaat sekilas teori ini...
selamat belajar dan berlatih...

nb: Jika kalian mau belajar bermain gitar ada baiknya kalian mengetahui dasar2 ini karena dengan memahami itu semua kalian tidak akan menjadi pemain gitar yang hanya bisa bermain dengan menggunakan buku (seperti buku buku kunci gitar untuk lagu) tetapi kalian akan mempunyai feeling sendiri....dan mampu berimprovisasi dan juga mampu membuat accord sendiri dengan menguasai teori2 tersebut... nanti saya sambung lagi dengan pelajaran berikutnya.... :D
Panduan Belajar Gitar Untuk Pemula - Membaca Tablatur
00:35 By: Revarius
Category Belajar Gitar, Tips Gitar


Ingin Menjadi Gitaris sehebat Paul Gilbert ataupun Steve Vai?? tentunya tidaklah mudah untuk menjadi seorang dewa gitar, terlebih lagi bila anda belum mempunyai basic dan dasar dasar permainan gitar. maka dari itu untuk kesempatan kali ini saya akan tuliskan beberapa panduan dasar dalam bermain gitar.

Semua pemula tentunya harus mempelajari dasar dasar gitar, mulai dari cara penyeteman yang benar, tehnik strumming, tehnik palm mute, hingga kepada tehnik tehnik advanced seperti arpeggio, tapping, sweeping hingga alternate picking.

Sebelum memulai panduan ini lebih jauh lagi disarankan agar anda belajar untuk membaca not balok atau minimal tabulasi (tablature) tablature ini berfungsi untuk membaca nada nada yang di tekan pada fret gitar.. seperti contohnya :



--------------E
--------------B
--------------G
--------------D
--------------A
--------------E

E yang paling atas berarti senar paling bawah pada gitar alias senar 1. dan B berarti senar 2, G berarti senar 3 dan seterusnya.. E,B,G,D,A,E adalah nada steman standard gitar dalam keadaan open fret..

Jika di tablatur ditulis seperti berikut ini :

--------9---E
------6-----B
----------10G
------------D
------------A
------------E

Ini berarti yang harus anda tekan terlebih dahulu adalah senar 2 fret 6, lalu senar 1 fret 9 kemudian senar 3 fret 10.

Biasanya dalam membaca tablatur ada beberapa simbol simbol seperti Ho,Po,T,~~dan juga PM, artinya adalah :

Ho : ini menandakan Hammer On. anda harus tekan nada pertama lalu langsung pindah ke nada berikutnya tanpa dipetik.. contohnya

----3--(Ho)5-------E

anda harus menekan senar 1 fret 3 terlebih dahulu kemudian langsung menekan fret 5 dengan jari lainnya tanpa memetik senar tersebut..

Po : ini artinya Pull Off. kebalikan dari hammer on, jadi anda harus memetik nada pertama lalu langsung pindah ke fret belakangnya(diangkat) tanpa memetik lagi..

PM : Ini artinya Palm Mute yaitu anda harus memainkan gitar anda tanpa bunyi penuh. yaitu dengan cara meredam suara gitar anda (umumnya senar senar bass) dengan Sisi Tangan Anda.. Perhatikan Gambar



T : Tapping.. anda melakukan tehnik ini tanpa memetik senar melainkan dengan menyentuh senar itu.. misalnya begini..

-----2---5----T11--E

Pertama anda menekan senar1 fret 2 kemudian fret 5 dengan jari yang lainnya kemudian tangan kanan anda di gunakan untuk menekan fret 11 tersebut.. Tapping memiliki banyak variasi.. jika anda bisa menggabungkannya dengan hammer on dan pull off..

~~ : Ini artinya adalah Vibrato atau getaran.. anda harus membuat suara senar seakan bergetar dengan menekan senar dengan kuat dan mengangkatnya sedikit lalu menurunkannya lagi berulang ulang..

Yah sekian dulu pelajaran membaca tablatur dari saya.. sampai jumpa pada edisi pelajaran gitar lainnya



Latihan Alternate Picking




tehnik alternate picking sangat penting bagi para gitaris dalam bermain dengan tempo yang cepat, dengan tehnik ini setiap not yang ada dibunyikan dengan picking yaitu up dan down stroke. untuk melatih tehnik ini diperlukan sinkron antara tangan kiri dan tangan kanan. tips dari saya untuk melatih tehnik ini adalah memulai latihan dengan tempo yang lambat dan usahakan hasilnya jelas dan setiap not berbunyi dengan jelas dan sama pada penekanannya.

berikut adalah contoh contoh latihan untuk alternate picking

Ex.1

--------------------------------------------------
--------------------------------------------------
----------------------12--------------------------
-------12---14---15--------15---14---12---------
---12-------------------------------------12------
---------------------------------------------------

Ex.2

-----------------13------------------------------13----------
--13---15---17----------15---17---13----15---17-----15--17
--------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------

Ex.3

-----------13----------------12----------------10-------------
--13-15-17----15-17-12-13-15----13-15-10-12-13----12-13---
---------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------

Ex.4


----------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------
-17-15-14----15-14-------15-----------------------------
----------17-------17-15-----17-15-14-------------------
----------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------

Jika anda merasa kesulitan untuk memainkan lick tersebut, bisa juga anda melatih alternate picking dengan menggunakan satu not saja, misalnya not E, tips melatihnya adalah dinamika dari cara anda memetik, lakukan dengan berbagai macam feel, misal dengan open string dan dengan palm muted, lakukan dari pelan menjadi kencang (suara notnya), bukan kecepatannya.

Silahkan juga pelajari dasar dasar teorinya di Panduan Belajar Teori Gitar/Keyboard untuk Pemula dan untuk mempelajari tehnik lainnya seperti tehnik Arpeggio
selamat berlatih!
Arpeggio
Tehnik Arpeggio

Arpeggio merupakan gabungan nada yang bertahap dan dibunyikan secara berurutan yang merupakan bentukan sebuah chord tertentu.
Tips untuk melatih arpeggio ini sebaiknya kita memperhatikan akurasi nada, tehnik picking, posisi jari. ingat untuk memulai latihan dengan tempo yang sedang sampai anda menjadi terbiasa kemudian percepat temponya sedikit demi sedikit, jika anda hanya mengandalkan kecepatan jari tangan kiri dan tidak didukung dengan picking yang akurat maka hasilnya akan ada not yang tidak jelas bunyinya, maka dari itu kuncingnya adalah sinkronisasi jari tangan kiri anda dengan picking anda. mulailah latihan dengan tempo lambat, fokuskan untuk keakuratan nada dahulu.


Ex.1 Arpeggio descending

pada latihan ini kita akan menggunakan 4 chord yaotu Dmaj, Em, F#m dan Gmaj, pada chord Dmaj kita akan melakukan arpeggio dengan urutan nada D-F#-A-D-F#(Dmaj) E-G-B-E'-G(Em), F#-A-C#-F#'-A'(F#m), G-D-B-G'-B'(Gmaj).

Dmaj Em
----------------2-------------------------3----------
-------------3-----3-------------------5-----5-------
---------2-----------2---------------4----------4----
------4----------------4----------5----------------5-
---5---------------------------7---------------------
-----------------------------------------------------

F#m Gmaj
----------------5-------------------------7----------
-------------7-----7-------------------8-----8-------
---------6-----------6---------------7----------7----
------7----------------7----------9----------------9-
---9---------------------------10--------------------
-----------------------------------------------------


Ex.2 Arpeggio ascending


----------------2----5-----|-----7---5-----------------
-------------3-------------|-----------5---------------
---------2-----------------|---------------4-----------
------4--------------------|------------------5--------
---5-----------------------|---------------------7-----
---------------------------|---------------------------



----------------5----9-----|----10---7-----------------
-------------7-------------|-----------8---------------
---------6-----------------|---------------7-----------
------7--------------------|------------------9--------
---9-----------------------|---------------------10----
---------------------------|---------------------------






Ex.3 Simple Classic Arpeegio


~~~
-4--1--------1-4--7---4--------4--7---10--7--------7--12----
-------3---3-------------6---6--------------9----9----------
---------4-----------------7------------------10------------
------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------

Setelah Mempelajari Tehnik arpeggio di atas, cobalah untuk melatih arpeggio dengan posisi chord lainnya dengan tujuan memperluas pengetahuan, dan posisi jari. tujuan dari mempelajari tehnik arpeggio ini adalah untuk mencapai keterampilan jari, akurasi nada, serta kecepatan yang menakjubkan seperti para dewa gitar yang menjadi idola kita. Tetapi saya ingatkan agar anda berlatuh secara bertahap dan teratur agar mendapatkan dasar permainan yang bagus terlebih dahulu. Selamat Berlatih!

Belajar Mudah Bermain Gitar

Belajar memahami akor (chord) triad pada gitar
Mungkin untuk para pemain piano, keyboard, organ dan alat musik sejenisnya, lebih mudah memahami chord atau akor karena pola tangan memegang chord pada piano lebih simpel dan mudah diduga karena posisi tuts nada yang teratur. Tidak sama halnya untuk para musisi gitar, pola bagan chord gitar lebih terlihat rumit sehingga kebanyakan para pemula gitar hanya tahu chord dari hapalan dan tidak tahu kenapa chord tersebut terbentuk dan diberi nama…
Hal substansi, signifikan, dan dominan yang harus dipahami seseorang pada saat belajar bermain musik — dalam hal ini gitar — pertama kali. Adalah mengetahui chord atau akor, walaupun untuk mempelajarinya pertama kali lewat proses menghapal terlebih dahulu. Jarang sekali orang mempelajari hal lain terlebih dahulu, seperti belajar memetik gitar tangan kanan terlebih dahulu atau belajar melodi terlebih dahulu. Penilaian ini pribadi, karena saya melihat dari lingkungan saya dan juga buku-buku how to play guitar untuk pemula yang beredar kebanyakan hanya menampilkan bagan-bagan akor yang harus dihapal… Pelajaran not balok atau tablatura baru ditampilkan pada bagian belakang buku tersebut…
Tutorial pada entri ini, akan menampilkan hal signifikan tersebut.. yaitu teori memahami chord untuk pemula. Teori ini penting untuk melanjutkan entri-entri saya selanjutnya…

Oke, artikel memahami akor dilanjut….Artikel berikut ini adalah bagian II, lanjutan dari artikel Memahami Akor Gitar bagian I.
Setiap Chord Triad paling banyak terdiri dari 3 nada yang harus dimainkan secara bersamaan. Nah bagaimana dengan chord yang memainkan lebih dari 3 nada? Pada dasarnya Chord-chord yang memainkan 4 nada, 5 nada dst adalah Chord triad (Dengan 3 nada yang telah ditentukan seperti ulasan saya sebelumnya) ditambah satu atau lebih nada baru. Pemahaman berikut ini, saya coba ulas secara bodoh — bukan pemahaman secara detail dan benar, dengan menghindari sebanyak mungkin istilah-istilah musik yang membingungkan. Sehingga dan semoga anda menjadi lebih mudah memahaminya…
Pahami dulu bahwa, Pola Chord triad itu teratur, di mana bila chord ini diterjemahkan ke notasi angka, nada root (nada pertama) dari chord adalah (pasti) do (1) misalnya Chord C yang terdiri dari C E G: nada C adalah root (Nada root adalah nada utama dalam chord yang diambil sebagai nama chord), maka C diterjemahan sebagai 1 (do)
Sehingga 3 nada pada pola Chord Mayor bila diterjemahkan ke bentuk notasi angka menjadi nada do(1) mi(3) sol(5), Contoh: Chord C terdiri dari nada-nada : C E G, Perhatikan, C E G membentuk pola 1 3 5. (Dalam Chord C, nada C adalah do [1], karena C adalah nada root) Contoh lain: Chord G terdiri dari G B D, pola notasi angka tetap sama: 1 3 5. (Dalam Chord G, nada G adalah do [1], karena G adalah nada root). Dengan demikian, semua pola Chord Mayor notasi angkanya sama: 1 3 5 .
Begitu pula dengan pola Chord Minor, notasi angkanya adalah: 1 #2 5 (do ri sol)
Pemberian nama Chord triad dengan tambahan nada baru: Chord diberi embel-embel berupa notasi angka di belakangn nama chord disesuaikan dengan nada tambahan yang menyertainya… Misalnya C4 G6 dll
Ada sebuah kesepakatan internasional yang telah ditentukan untuk pemberian nama… bahwa embel-embel dimulai dari notasi 4, dan simbol # diganti dengan simbol + (selama ini saya selalu memakai # [kres] untuk nada yang dinaikkan setengah nada, ada simbol lainnya yaitu b [mol], untuk simbol nada yang diturunkan setengah) — simbol b (mol) diganti dengan simbol - (tanda minus/dash)

Pemahamannya begini: Penyebutan angka di belakang nama chord: 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13 adalah sama dengan: 4, 5, 6, 7, 1, 2, 3, 4, 5, 6 pada notasi angka. (8 adalah 1 [do], 9 adalah 2 [re], 10 adalah 3 [mi] dst). Angka-anga di belakang nama chord tersebut adalah notasi untuk nada baru pada Chord triad
1 - 3 - 5 - 4 Disebut sebagai (Nama Chord)4
1 - 3 - 5 - #4 Disebut sebagai (Nama Chord)+4, atau (Nama Chord)-5
1 - 3 - 5 - #5 Disebut sebagai (Nama Chord)+5, atau (Nama Chord)-6
1 - 3 - 5 - 6 Disebut sebagai (Nama Chord)6
1 - 3 - 5 - #6 Ini aneh sendiri, disebut sebagai (Nama Chord)7
1 - 3 - 5 - 7 ini juga aneh, disebut sebagai (Nama Chord)M7
1 - 3 - 5 - #1 Disebut sebagai (Nama Chord)+8, atau (Nama Chord)-9
1 - 3 - 5 - 2 Disebut sebagai (Nama Chord)9
1 - 3 - 5 - #2 Disebut sebagai (Nama Chord)+9
1 - 3 - 5 - 4 (de ja vu, udah disebutin paling atas) Disebut sebagai (Nama Chord)11
1 - 3 - 5 - #4 Disebut sebagai (Nama Chord)+11, atau (Nama Chord)-12
1 - 3 - 5 - #5 Disebut sebagai (Nama Chord)+12, atau (Nama Chord) -13
1 - 3 - 5 - 6 Disebut sebagai (Nama Chord)13
Jelas nggak?. Begitu pula dengan pemberian nama belakang untuk nada baru pada Chord Minor:
1 - #2 - 5 - 4 Disebut sebagai (Nama Chord minor)4
1 - #2 - 5 - #4 Disebut sebagai (Nama Chord minor)+4, atau (Nama Chord minor)-5
1 - #2 - 5 - #5 Disebut sebagai (Nama Chord minor)+5, atau (Nama Chord minor)-6
1 - #2 - 5 - 6 Disebut sebagai (Nama Chord minor)6
1 - #2 - 5 - #6 Ini aneh sendiri, disebut sebagai (Nama Chord minor)7
1 - #2 - 5 - 7 ini juga aneh, disebut sebagai (Nama Chord minor)M7
1 - #2 - 5 - #1 Disebut sebagai (Nama Chord minor)+8, atau (Nama Chord minor)-9
1 - #2 - 5 - 2 Disebut sebagai (Nama Chord minor)9
1 - #2 - 5 - 3 Disebut sebagai (Nama Chord minor)10
1 - #2 - 5 - 4 Disebut sebagai (Nama Chord minor)11
1 - #2 - 5 - #4 Disebut sebagai (Nama Chord minor)+11, atau (Nama Chord minor)-12
1 - #2 - 5 - #5 Disebut sebagai (Nama Chord minor)+12, atau (Nama Chord minor) -13
1 - #2 - 5 - 6 Disebut sebagai (Nama Chord minor)13

Saya menambah kategori Trik Gitar pada blog ini. Semoga bisa bermanfaat untuk para peminat alat musik gitar
Trik gitar postingan pertama ini adalah untuk para pemain gitar tingkat advance. Paling tidak untuk para musisi yang sudah mengerti tentang bagaimana memainkan chord, paham jarak nada dan tahu cara menyetem. Ini adalah trik permainan gitar open G untuk peminat musik rockabilly. Trik ini biasa dipakai oleh musisi country, musisi hawaii-an sampai rock’n roll. Umumnya biasa diterapkan pada alat musik Steel Guitar, yaitu gitar yang dimainkan secara horizontal dengan memakai bantuan slide baja pada jari..
Disebut sebagai open G, karena ketika gitar ini dimainkan tanpa menekan chord pada fret akan menimbulkan paduan nada dalam chord G. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti petunjuk-petunjuk di bawah ini.
Seteman Gitar pada umumnya adalah seperti diagram berikut.. Cara membaca diagram: Senar paling kecil berada paling atas…
Ganti seteman gitar anda menjadi open G.. di mana senar E (senar terkecil) diturunkan satu nada menjadi D dan 2 senar paling besar A dan E masing-masing turun 1 nada menjadi G dan D… Sehingga seteman gitar baru anda menjadi seperti diagram di bawah ini… Petunjuk nada dalam lingkaran dalam diagram adalah nada-nada baru setelah diturunkan 1 nada dari seteman umum
Cara menyetem, seperti petunjuk di bawah ini… Nada D pada senar paling kecil diperoleh dengan menyamakan nada pada senar B (senar nomor 2) yang ditekan pada fret no 3
Kemudian untuk nada G senar no 5 diperoleh dengan menyamakan nada G senar no 3. Berbeda 1 oktaf.Nada D senar no 6 diperoleh dengan menyamakan nada D senar no 4. Berbeda 1 oktaf.
Kini seteman Open G telah siap. Coba mainkan semua senar tanpa menekan chord, maka suara yang dihasilkan adalah chord G.. Dengan demikian cara memainkan chord pada gitar open G juga berbeda…. Seperti contoh di bawah ini…. Chord A dihasilkan dengan menekan semua senar pada fret no 2. Demikian seterusnya….
Chord B:
Chord C:
Scale Melody untuk Open G ada berbagai macam… salah satunya saya tampilkan pada diagram di bawah ini…. tanda-tanda bulatan hitam adalah fret dan senar yang boleh dimainkan satu-satu atau lebih. Urutan nada terserah improvisasi anda…
Sekarang, cobalah memainkan semua senar kemudian jari yang menekan fret tidak usah menekan chord, tapi tekan-tekan nada seperti petunjuk scale di atas satu-persatu nada secara bergantian sembari jari yang memetik memainkan semua senar… Nada mana saja yang ditekan satu-persatu terserah pilihan anda.. Anda akan mengenal suara yang dihasilkan oleh open G adalah pola permainan rock’n roll a la Rockabilly.
Cobalah ciptakan beberapa tehnik permainan, yaitu dengan memainkan dinamika (keras atau lembut). Cara memetik, bisa mainkan semua senar atau beberapa senar saja…. dan cobalah beragam irama. Anda pasti akan menikmatinya…. Selamat datang di dunia Rockabilly…

Cara Baca Tab/Tablature

Cara Baca Tablature
Inti nya tulisan angka adalah kolom (fret) senar
sedangkan garis yang jumlahnya enam adalah senar
Jadi kombinasi kolom dan senar ke berapa.
Bagian Pertama :
e |–1—2—3—4————————
B |—————————————–
G |—————————————–
D |—————————————–
A |—————————————–
E |—————————————–
artinya petik senar pertama (paling bawah) berturut-turut mulai dari fret (kolom) 1, fret 2, fret 3, fret 4
|—————————————–
|———————-1—2—3—4—-
|—————————————–
|—————————————–
|—————————————–
|—————————————–
artinya petik senar kedua (dari bawah) berturut-turut mulai dari fret (kolom) 1, fret 2, fret 3, fret 4
|—————0————————-
|———–2——2———————
|——–3————-3—————–
|—–4——————-4————–
|—————————————–
|—————————————–
Artinya
1. petik senar ke-4 (hitung dari bawah) fret (kolom) ke-4 lalu
2. petik senar ke-3 (hitung dari bawah) fret (kolom) ke-3 lalu
3. petik senar ke-2 (hitung dari bawah) fret (kolom) ke-2 lalu
4. petik senar ke-1 (paling bawah) fret (kolom) ke-0 (dilepas)
Cara baca tablature Bagian kedua
Pada bagian ke dua ini hanya menjelaskan cara baca tanda pada tablature
Contoh
|–7/9–
|——-
|——-
|——-
|——-
|——-
Artinya slide petik senar ke satu (paling bawah) pada fret/kolom ke 7 lalu tanpa diangkat
geser ke depan sampe ke senar sembilan (tanpa di petik lagi senarnya).
Contoh
|–9\7–
|——-
|——-
|——-
|——-
|——-
Artinya kebalikannya dari slide.
Contoh
|–7h9– kebalikannya |–9p7–
|——- |——-
|——- |——-
|——- |——-
|——- |——-
|——- |——-
Artinya h (hammer on)
Gampangnya gini tekan dulu senar satu kolom ke tujuh pake telunjuk lalu petik jangan dilepas
lalu pijit senar ke sembilan pake jari manis. Ingat petik hanya sekali untuk dua nada.
Artinya p (full off)
Teken dahulu pada senar satu kolom ke sembilan (pake jarimanis) dan kolom ke tujuh (pake telunjuk).
Lalu petik senar (keluar nada pada kolom sembilan) kemudian angkat jarimanis (keluar nada pada kolom
tujuh).
Contoh
|——-
|–12b–
|——-
|——-
|——-
|——-
Penjelasan sederhana.
Petik senar ke dua kolom duabelas (usahakan pijit dengan tiga jari agar kuat) tahan
lalu geser ke arah atas (bukan ke depan) sampe dapet suara nada senar ke 13 (setengah nada) atau ke 14
(satu nada) catatan biar lebih pas kamu dengerin lagunya kira-kira naik setengah nada atau satu
nada. Soalnya kebanyakan tablature gak dijelasin naiknya berapa nada.
Tanda-tanda baca Tablature
Post Selain Tablature Mei 2nd, 2008
Mohon baca dulu cara baca halaman cara baca tablature gitar:
Misal :
e|——————————-
b|—————7b————–
g|—-7/9————7h9 —9p7–
d|———9\7——————–
a|——————————–
e|——————————–
Disini mau ngejelasin aja tanda-tandanya pake contoh :
/ = geser/slide caranya pijit senar ke 3 kolom ke 7 lalu petik (jangan diangkat) lalu geser sampe ke kolom 9
\ = kebalikannya
b = bending, pijit senar ke 2 kolom ke 7 petik (tahan/jari jangan diangkat dulu) lalu geser ke arah atas sampe nada yang diinginkan keluar (nadanya lebih tinggi dari yang dipijit, bisa naik satu nada atau setengah nada)
h = harm on, seperti biasa petik senar ke 3 kolom ke 7 (tahan, pake telunjuk) tanpa petik lagi lalu tekan kolom ke sembilan pake jari manis. Jadi seperti dipukul
p = pull off , kebalikan harm on.
Bagaimana caranya membaca dan menulis Tabulasi (Tab)

********************************************
*** ***
*** PENGENALAN NOTASI TABULASI : ***
*** BAGAIMANA CARANYA ***
*** MEMBACA DAN MENULIS TABULASI ***
*** ***
********************************************


Ditulis oleh Howard Wright
Howard.Wright@ed.ac.uk

Diterjemahkan oleh Ade Mokoginta
cumi_digital@adems.web.id

OLGA_TABFAQ: V1.0
update terakhir : 1 September 1999


****************************************************************************
*** Hak Cipta Howard Wright dan olga-grunts ***
*** serta Ade Mokoginta dan AdeMS ***
*** ***
*** Dokumen ini boleh didistribusikan dengan bebas asalkan tanpa meminta ***
*** biaya dan nama serta alamat email saya tidak dihilangkan. Jika anda ***
*** ingin mengedit atau mengubah ulang dokumen untuk keperluan publik, ***
*** tolong hubungi saya terlebih dahulu. Jika anda berusaha menghasilkan ***
*** uang dengan menjual panduan ini ke TAB, sebagian atau sepenuhnya, ***
*** anda akan tersambar petir. Kemungkinan. ***
****************************************************************************


Saya sekarang mempunyai versi dari panduan ini dalam HTML
Jika anda menginginkan copy dari versi HTML, beritahu saya.


DAFTAR ISI - BAG I
-------------------

1.0 Apa itu TAB

1.1 Apa yang bisa TAB beritahukan

1.2 Apa yang tidak bisa TAB beritahukan.


Membaca Tab :
--------------

2.0 Notasi TAB - Dasar

2.1 Simbol lainnya yang digunakan di dalam TAB

2.2 Hammer ons dan pull offs

2.3 Bends

2.4 Slides

2.5 Informasi panjang note


----------------------------------------------------------------------------


*****************************
*** 1.0 Apa itu TAB ***
*****************************


TAB atau tabulasi adalah metode dalam menuliskan musik yang dimainkan pada
gitar atau bass. Daripada menggunakan simbol seperti pada notasi standar musik,
TAB menggunakan karakter dan nomor umum pada ASCII, membuatnya ideal untuk
ditempatkan seperti pada internet dimana setiap orang yang mempunyai komputer
dapat menghubungkan langsung, membuat copy dari file TAB, dan membacanya.


***********************************************
*** 1.1 Apa yang bisa TAB beritahukan ***
***********************************************




TAB akan memberitahukan anda note apa yang harus dimainkan - TAB akan
memberitahukan anda string mana yang harus ditekan dan kolom mana yang harus di
fret.

TAB akan memberitahukan anda dimana hammer-ons, pull-offs, bends, slides,
harmonics dan vibrato yang digunakan.

TAB akan memberitahukan tuning apa pada bagian tersebut. Jika tidak diberikan
maka secara umum, asumsi tuning normal.TAB juga harus memberikan anda informasi
penggunaan capo dan lainnya.

TAB akan memberikan anda indikasi dari ritme dari bagian tersebut - contohnya
TAB akan memberitahukan anda mana note yang panjang dan mana yang pendek.

Bagaimanapun TAB tidak akan memberitahukan anda secara tepat berapa lama atau
cepat note tersebut

Ini membawa saya ke ...


***************************************************
*** 1.2 Apa yang tidak bisa TAB beritahukan ***
***************************************************


TAB akan (biasanya) tidak memberitahukan anda panjang note tersebut - jadi di
banyak situasi anda akan *harus* mendengarkan sendiri lagu tersebut, dengan TAB
di depan anda untuk membuat ritme dari notasinya.

TAB tidak akan memberitahukan jari mana yang anda gunakan untuk menekan note.

TAB akan (biasanya) tidak memberitahukan anda apapun tentang kocokan dan
petikan - anda akan harus menentukan sendiri kapan harus mengocok keatas/kebawah
dan seterusnya.




**********************************
*** 2.0 Notasi TAB - Dasar ***
**********************************


TAB adalah mudah untuk dibacam dan harus mudah untuk ditulis jika anda ingin
mengirimkan (submit) sebuah lagu yang telah anda kerjakan sendiri. Idenya
adalah ini:

Mulai dengan 6 baris (atau empat untuk bass). Ini berhubungan dengan senar-senar
dari instrumennya. Garis yang paling atas adalah string yang paling tinggi. dan
garis yang dibawahnya adalah string yang lebih rendah. Dibawah ini adalah bit
kosong dari TAB dengan nama string pada bagian kiri.


E----------------------------------------------------------------
B----------------------------------------------------------------
G----------------------------------------------------------------
D----------------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------


Nomor-nomor ditulis pada garis untuk menunjukan pada fret mana dari string
dengan tangan kiri. Bila sebuah nol muncul, artinya mainkan dengan string
terbuka. Seperti notasi standar musik, baca dari kiri ke kanan untuk mengetahui
urutan note yang harus dimainkan. Bagian dari TAB berikut mempunyai arti
memainkan sederetan note (E F F# G G# A) pada bagian bawah senar E dengan
menggerakkan fret secara berurutan, dimulai dengan string terbuka.


E----------------------------------------------------------------
B----------------------------------------------------------------
G----------------------------------------------------------------
D----------------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E---0--1--2--3--4--5---------------------------------------------


OK sampai saat ini ?

Berikut adalah note yang dimainkan secara bersamaan. Jika dua atau lebih note
akan dimainkan bersamaan, mereka dituliskan diatas satu sama lainnya, sekali
lagi seperti notasi standar.

Contoh berikut kita mempunyai sebuah Kord balok G.

E----3------------------------------------------------------------
B----3------------------------------------------------------------
G----4------------------------------------------------------------
D----5------------------------------------------------------------
A----5------------------------------------------------------------
E----3------------------------------------------------------------


Jadi ini artinya mainkan semua note tersebut secara bersamaan sebagai kord.

Terkadang juga terlihat kord yang sama dituliskan seperti ini :

E--------3--------------------------------------------------------
B-------3---------------------------------------------------------
G------4----------------------------------------------------------
D-----5-----------------------------------------------------------
A----5------------------------------------------------------------
E---3-------------------------------------------------------------


Yang berarti bunyikan dengan bentuk yang sama dimulai dari string terendah, jadi
berarti setiap string dibunyikan segera setelah string terakhir, tetapi semua
notasi akan berbunyi bersamaan. Dibawah ini ada sebuah contoh lagi dengan bentuk
yang sama, tetapi dengan jarak yang sedikit lebih besar - sehingga anda mungkin
harus memetik string tersebut secara terpisah daripada membunyikannya secara
perlahan.


E------------------3----------------------------------------------
B---------------3-----3--------------------------------------------
G------------4-----------4-----------------------------------------
D---------5-----------------5--------------------------------------
A------5-----------------------5----------------------------------
E---3-----------------------------3--------------------------------


Anda mungkin menanyakan
- Bagaimana saya tahu seberapa cepat atau lambat untuk memainkannya ?
- Apakah semua notasi seharusnya mempunyai panjang yang sama ?


Disinilah perbedaan TAB dari notasi standar. Kebanyakan dari TAB *tidak* akan
memberitahukan panjangnya note. Biasanya itu tergantung dari anda untuk
mendengarkan lagu tersebut untuk mendapatkan iramanya.

Bagaimanapun - jangan kecewa. TAB harus bisa memberikan indikasi dari waktu
tersebut. Pada contoh di atas semua note dipisahkan dengan jarak yang sama
sehingga anda bisa membuat asumsi bahwa note tersebut mempunyai jarak yang sama
(mungkin semua seperdelapan note atau seperempat) tapi ini tidak selamanya
benar - itu tergantung dari siapa yang menuliskan TAB tersebut.

Sebagai aturan umum, jarak dari note pada TAB seharusnya memberitahukan anda
note mana yang panjang dan mana yang pendek dan yang cepat, tapi biasanya tidak
akan memberitahukan anda jika sebuah note adalah sebuah triplet atau lainnya
yang seperti itu. Sekali lagi, ini akan sangat tergantung dengan siapa yang
menuliskan TAB tersebut.

Sebagai contoh, ini adalah beberapa note dari Lagu Nasional Amerika dalam TAB.
Anda tentu dapat melihat jelas bahwa perbedaan jarak tergantung dari panjang
note.

E-----------------------0--------4--2-0--------------------------
B---0--------------0---------------------------------0-----------
G------1------1----------------------------1----3----------------
D--------2-------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------


Biasanya akan lebih mudah untuk memainkan TAB dari lagu yang sudah anda kenal
baik daripada lagu yang belum pernah anda dengar karena akan lebih terbiasa
dengan irama dari lagu yang sudah dikenal.



**********************************************************
*** 2.1 Simbol lainnya yang digunakan di dalam TAB ***
**********************************************************


Sejauh ini saya telah melihat note mana yang harus dimainkan : senar mana yang
harus ditekan, dan di kolom mana. Saya telah menyinggung bagaimana mengetahui
panjang note dengan melihat jarak antara note pada TAB, tapi ini hanya bisa
sebagai panduan kasarnya. Anda akan harus selalu memeriksanya dengan trak lagu
aslinya untuk mendapatkan ditail dari iramanya.

Banyak dari informasi penting dapat dimasukkan ke dalam bagian TAB. Ini termasuk
hammer-ons (pukul), pulls offs (melepaskan), slides (geser), bends, vibrato dan
lainnya.

Yang harus dilakukan adalah menuliskan karakter tambahan atau simbol antara note
untuk mengindikasikan bagaimana cara memainkannya. Dibawah ini adalah karakter/simbol
yang sering digunakan:

h - hammer on
p - pull off
b - bend string up
r - lepas bend
/ - geser ke atas
\ - geser ke bawah
v - vibrato (kadang dituliskan ~)
t - tap dengan tangan kanan
x - mainkan 'note' dengan damping yang berat


Untuk slides (penggeseran), s terkadang digunakan untuk mengindikasikan apakah
menggeser ke atas atau ke bawah. Simbol untuk harmonics dijelaskan dibawah pada
bagian 3.2

Yang terakhir, x, digunakan untuk mendapatakan choppy, suara perkusi.
Anda biasanya menggunakan tangan fret untuk damp ringan senar sehingga ketika
akan membunyikan note tersebut seakan-akan suaranya mati.

Catatan bahwa penggunaan 'x' *sangat* berbeda dari penggunaan 'x' saat memberikan
bentuk kord.

Sebagai contoh jika dituliskan kord D, maka akan terlilhat :

EADGBE
xx0232


Dimana 'x' berarti tidak dimainkan.

Pada tab diasumsikan bahwa sebuah string tidak dimainkan jika tidak ditandai.
Sehingga kord yang sama pada tab akan seperti :



E-----2-----------------------------------------------------------
B-----3-----------------------------------------------------------
G-----2-----------------------------------------------------------
D-----0-----------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------

tanpa 'x'. 'x' hanya digunakan pada TAB untuk merepresentasikan mute senar yang
berat yang dibunyikan/dipetik untuk meberikan suara perkusi.

Ada beberapa dari simbol lainnya untuk hal-hal seperti whammy bar bends,
petikan scrapes dan lainnya. Sepertinya tidak ada standar penulisan sebagai
acuan untuk menuliskannya - ditail/keterangan harus diberikan di dalam TAB
untuk menjelaskan arti dari simbol tersebut.

TAB Bass kemungkinan akan membutuhkan beberapa ekstra simbol untuk memenuhi
kebutuhan atas perbedaan tehknik yang dipakai dalam memainkan bass - sebagai
contoh slapping dan 'popping' senar dengan jari jempol atau jari tengah.
Anda bisa menggunakan 's' untuk slap dan 'p' untuk pop selama dituliskan
*dibawah* baris tab untuk menjelaskannya dari slide dan pull off yang seharusnya
dituliskan *di atas* garis dari tab.


****************************************
*** 2.2 HAMMER ONS DAN PULL OFFS ***
****************************************


Dengan hammer-ons dan pull-offs anda mungkin menemukannya seperti hal berikut :


E----------------------------------------------------------------
B----------------------------------------------------------------
G----------------------------------------------------------------
D----------------------------------------------------------------
A---------5h7-----------5h7--------------------------------------
E---0--0----------0--0-------------------------------------------


yang berarti memainkan E terbuka dua kali, lalu tekan senar A pada kolom 5 dan
hammer pada kolom 7.


Pull offs terlihat sangat sama :

E----3p0------------------------------------------------------------
B---------3p0-------------------------------------------------------
G--------------2p0--------------------------------------------------
D-------------------2---------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------


Disini didapatkan descending bluse dengan skala menggunakan pull-offs terhadap
string terbuka. Untuk setiap pull off hanya mengambil note pertama dari pasangan
dengan tangan kanan - sehingga pada contoh ini hanya mengambil semua note pada
kolom ke 3 dan ke 2, dan senar buka akan dibunyikan dengan melepaskan.


Karena senar diberikan bit tambahan dengan energi saat hammer on dan pull off, anda
anya perlu membunyikan note pertama dengan menggunakan tangan pick. Anda juga bisa
mendapatkan senar yang panjang dengan hammer-ons dan pull-offs seperti dibawah :


E----------------------------------------------------------------
B----------------------------------------------------------------
G---2h4p2h4p2h4p2h4p2h4p2----------------------------------------
D----------------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------

Dalam kasus ini anda hanya perlu membunyikan note pertama.

Catatan - Anda mungkin akan mendapatkan simbol lainnya yang digunakan untuk
hammer-on dan pull-off, sebagai contoh ^ dapat digunakan untuk mengartikan
hammer-on dan pull-off.

contoh :

G---2^4^2----

yang berart "bunyikan note pada kolom ke dua, hammer-on ke kolom 4 dan pull-off
ke kolom 2". Akan menjadi mudah jika semua orang menggunakan simbol yang sama,
jadi kecuali anda mempunyai keberatan yang kuat terhadap 'h' dan 'p' tolong
gunakan itu. Dalam hal lain, untuk setiap tab yang dikirimkan harus selalu
menerangkan simbol yang digunakan sehingga jika menggunakan apapun 'di luar
kebisaan' pastikan untuk menjelaskan maksudnya.



**********************
*** 2.3 BENDS ***
**********************


Ketika bends terlibat anda harus mengetahui seberapa banyak yang harus di bend
note tersebut. Ini dapat diketahui dengan menuliskan jumlah setelah 'b'.
Sebagai contoh, jika anda melihat ini :

E----------------------------------------------------------------
B------7b9-------------------------------------------------------
G----------------------------------------------------------------
D----------------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------


berarti bunyikan senar B pada kolom ke 7, lalu bend note ke atas dua semi tone
(satu langkah sekaligus) sehingga berbunyi pitch sama seperti bunyi note pada
kolom 9. (Terkadang bend dituliskan pada bagian ke dua di dalam tanda kurung,
seperti ini ---7b(9)--- )

Sesuatu seperti ini :

E----------------------------------------------------------------
B------7b9--9r7--------------------------------------------------
G----------------------------------------------------------------
D----------------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------


berarti mainkan note pada kolom 7, bend ke atas dua semi tone, bunyikan note
lagi ketika sedang bend, kemudian lepaskan bend sehingga note tersebut kembali
normal.

Terkadang pre-bend digunakan - ini dimana senar di bend *sebelum* note dibunyikan.
Setelah note dibunyikan, bend dilepaskan. Pre-bends biasanya dituliskan sebagai
berikut :


E----------------------------------------------------------------
B------(7)b9r7---------------------------------------------------
G----------------------------------------------------------------
D----------------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------

Berarti: fret note tersebut pada kolom ke 7 dan bend senar ke atas dua semitones
(tanpa membunyikan nite). Kemudian bunyikan senar tersebut dan lepaskan bend.


Terkadang ditenukan note yang di bent ke atas hanya seperempat dari tone dan
sebagainya. Dalam hal ini akan terlihat sedikit aneh :

B--------7b7.5--------

jika anda harus bend keatas setengah fret nilainya.
Tuliskan sebagai berikut :

bend up 1/4 tone
E----------------------------------------------------------------
B------7b--------------------------------------------------------
G----------------------------------------------------------------
D----------------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------

dengan instruksi mengenai seberapa banyak bend dituliskan diatas note.



**********************
*** 2.4 SLIDES ***
**********************


Simbol yang paling sering digunakan adalah / untuk slide ke atas dan \ untuk
slide ke bawah.

Terkadang juga terlihat 's' digunakan untuk slide.

Anda tidak harus membutuhkan simbol terpisah untuk slide 'atas' dan 'bawah'
dikarenakan pembacaan baris TAB :

E----------------------------------------------------------------
B------7/9-------------------------------------------------------
G----------------------------------------------------------------
D----------------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------

terlihat jelas sebuah slide *ke atas* dari kolom 7 ke kolom 9. Bagaimanapun
terkadang dijumpai hal seperti berikut :

E----------------------------------------------------------------
B------/7-9-7\---------------------------------------------------
G----------------------------------------------------------------
D----------------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------

dimana slide awal dan akhir tidak jelas diberikan. Di sini anda harus mengetahui
apakah anda slide ke atas atau ke bawah. Dalam hal ini gunakan keputusan anda
untuk memilih awal atau akhir kolomnya.


Anda juga dapat mempunyai sekumpulan seri dari slide secara bersamaan, seperti ini

E----------------------------------------------------------------
B------7/9/11--------------------------------------------
G----------------------------------------------------------------
D----------------------------------------------------------------
A----------------------------------------------------------------
E----------------------------------------------------------------

yang berarti anda hanya membunyikan note yang pertama menggunakan sustain
untuk menghasilkan note lainnya.




**************************************
*** 2.5 Informasi panjang note ***
**************************************


Pada umumnya adan akan menemukan TAB yang memasukkan informasi tentang semua
panjang note. Sepertinya tidak ditemukan 'standar' untuk melakukannya, tetapi
biasanya ini menyangkut baris dari kalimat atau simbol diatas TAB.

Lihat di bawah (BAB 3.2 bagian 6) untuk keterangan lebih lanjut.

Jika keterangan mengenai waktu simbol tidak diberikan pada TAB maka anda mungkin akan
menemui masalah !
Dalam kasus ini segera email pembuatnya untuk menanyakan pemberitahuan adalah
satu-satunya cara.

--------

Hanya itu yang saya *rasa* anda butuhkan mengenai membaca dan menulis TAB.
Jika ada sesuatu hal penting yang terlewatkan atau ada dari FAQ yang tidak dapat
dimengerti maka beritahu saya.


Anda dapat menghubungi saya di : Howard.Wright@ed.ac.uk

Sponsors

Name :
Web URL :
Message :

ARDIPIFA BLOG © 2008. Blog design by Randomness